Kamis 18 Aug 2022 07:20 WIB

Orang Bisa Kena Cacar Monyet tanpa Muncul Gejala, Penularan Makin Sulit Dicegah?

Virus monkeypox ditemukan pada pria yang tidak menunjukkan gejala cacar monyet.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 memperlihatkan kulit lengan kanan dan dada seorang pasien ditumbuhi lesi cacar monyet. Selama lesi masih ada, pasien cacar monyet masih bisa menularkan penyakitnya. Peneliti menemukan jejak virus monkeypox pada pria yang tak bergejala.
Foto:

Kasus cacar monyet mayoritas dialami oleh pria yang berhubungan seks dengan sesama pria. Ahli kesehatan pun menyerukan agar gay dan biseksual untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gejala dan memakai pelindung saat berhubungan intim.

Terkait penggunaan kondom, otoritas kesehatan Inggris mengungkapkan bahwa itu perlu digunakan untuk mencegah penyakit menular seksual. Akan tetapi, penggunaan kondom saja tak cukup untuk mencegah penularan cacar monyet.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Meski ada bukti yang mengindikasikan bahwa cacar monyet dapat menular lewat air mani, cacar monyet juga bisa menular lewat sentuhan pada ruam atau benjolan cacar penderita cacar monyet. Ruam ini biasanya muncul sekitar tiga hari setelah gejala seperti flu muncul pada penderita cacar monyet.

Ruam cacar monyet dapat bertahan sekitar dua pekan. Penderita cacar monyet bisa menularkan penyakit selama ruam atau benjolan cacar mereka belum benar-benar sembuh dan tergantikan dengan lapisan kulit yang baru.

Seperti dilansir The Sun pada Rabu (17/8/2022), ada beberapa gejala yang kerap ditemukan pada wabah cacar monyet yang berlangsung belakangan ini. Gejala tersebut adalah demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar, kelelahan, nyeri otot, dan muncul ruam atau benjolan cacar, termasuk di mulut dan area sekitar genital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement