Rabu 17 Aug 2022 07:36 WIB

Kenali Bentuk-Bentuk Cedera Akibat Langsung Ngegas Setelah Lama tak Olahraga

Kenali bentuk-bentuk cedera olahraga berikut pencegahannya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Cedera saat berolahraga (ilustrasi). Orang yang hanya seminggu sekali berolahraga kemudian langsung melakukannya dalam waktu berjam-jam berisiko mengalami cedera olahraga.
Foto:

Bentuk cedera

Cedera olahraga dapat dibedakan berdasarkan mekanisme cedera dan onset atau waktu muncul gejalanya. Berikut bentuk-bentuknya:

Cedera akut

Cedera akut terjadi secara mendadak dan memiliki onset yang jelas. Gejalanya nyeri muncul tiba-tiba, ada bengkak, kekuatan otot berkurang, atau tampak kelainan bentuk atau ukuran tulang.

Cedera akibat overuse

Cedera akibat overuse yang terjadi secara perlahan. Gejalanya nyeri muncul saat beraktivitas, terkadang muncul nyeri tumpul kadang disertai bengkak.

Masalah pada anterior cruciate ligament (ACL)

ACL merupakan jaringan kuat yang menghubungkan tulang paha ke tulang kering dan membantu menstabilkan lutut. Pendaratan yang kurang sempurna ketika melompat atau berubah arah secara tiba-tiba dapat memberikan tekanan kepada ACL dan menyebabkan ligamen robek atau pecah.

Masalah pada hamstring

Cedera ini merupakan kondisi ketika otot paha bagian belakang mengalami tarikan atau robekan.

Golfer's elbow atau medical epicondylitis

Ini merupakan peradangan pada ujung siku bagian dalam. Ada pula tennis elbow atau lateral epicondylitis, yaitu peradangan pada ujung siku bagian luar.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement