Senin 15 Aug 2022 19:31 WIB

Jalani Diet Gluten Free, Chef Marinka Pilih Tepung Mocaf

Marinka mengganti tepung terigu dengan tepung gandum.

Menderita GERD, chef Marinka yang pernah menjadi juri Masterchef Indonesia menghindari asupan dari tepung terigu dan menggantinya dengan tepung mocaf.
Foto:

Menurut chef Marinka, sekarang sebenarnya ini cukup gampang untuk mendapatkan tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung.

"Aku ganti tepung terigu sama tepung mocaf yang dibuat dari singkong," ujarnya.

Chef Marinka yang sempat menjadi juri Masterchef Indonesia itu juga mengatakan bahwa ia gemar menggunakan tepung mocaf bebas gluten. Tak hanya bebas gluten, tapi mocaf langganannya juga kaya serat, rendah indeks glikemiknya, mengandung zat besi dan kalsium, serta tanpa proses pemutihan, sehingga aman dikonsumsi tubuh.

Sementara itu, menurut pendiri Yayasan Gastroenterologi Indonesia Prof dr Abdul Aziz Rani SpPD K-GEH, gluten atau komponen yang sering ditemukan dalam biji-bijian, seperti gandum, jelai, dan sebagainya, tidak memberi dampak secara langsung terhadap lambung. Akan tetapi, itu bisa menimbulkan reaksi pada pencernaan orang yang sensitif terhadap gluten.

"Gejalanya biasanya ada keluhan diare, tanda gangguan pencernaan," kata Aziz yang pernah menjabat ketua tim dokter kepresidenan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dalam webinar kesehatan pada Februari 2021.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement