Senin 15 Aug 2022 19:07 WIB

Perankan Ismail Marzuki, Lukman Sardi Teringat Masa Kecilnya

Lukman Sardi memerankan Ismail Marzuki di monolog 'Senandung di Ujung Revolusi'.

Aktor Lukman Sardi untuk pertama kalinya memainkan monolog. Ia akan tampil dalam monolog Senandung di Ujung Revolusi yang merupakan bagian dari serial monolog Di Tepi Sejarah.
Foto:

"Senandung di Ujung Revolusi" menceritakan bagaimana di usia 17 tahun, Ismail menciptakan lagu "O Sarinah", yang mengajak para perempuan desa untuk giat bekerja di sawah agar dapat membangun negara. Sejak itu, dalam pasang surutnya sebagai pemusik dan juga penyanyi, Ismail seperti tak henti mencipta lagu.

Masa kreatifnya sebagai musisi terjadi di saat penjajahan Jepang, sampai agresi militer oleh Belanda akhir tahun 1940-an. Lagu ciptaannya yang populer seperti "Rayan Pulau Kelapa" "Sapu Tangan dari Bandung Selatan", "Indonesia Pusaka", dan "Sepasang Mata Bola" telah menjadi inspirasi para pejuang di garis depan.

Bersama kelompoknya, Ismail kerap menghibur para pejuang di tempat-tempat persembunyian mereka. Ismail Marzuki meninggal di usia 44 tahun, pada tanggal 25 Mei 1958. Ismail tercatat telah menciptakan lebih dari 200 lagu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement