Rabu 10 Aug 2022 15:44 WIB

Ibu Menyusui Butuh Dukungan Suami dan Keluarga Inti

Ibu menyusui banyak yang tidak mendapatkan dukungan dari suami-keluarga inti.

Ibu dan bayinya (Ilustrasi). Pemberian ASI eksklusif tidak saja bermanfaat untuk bayi, tetapi juga ibunya.
Foto:

Associate researcher HCC Bunga Pelangi menjelaskan bahwa penelitian ini menggunakan model sosio-ekologi. Melalui metode tersebut, penelitian menunjukkan persepsi positif dapat memotivasi agar anggota keluarga mendukung ibu dalam memberikan ASI.

"Metode penelitian ini sudah valid untuk mendapat data superfisial terkait faktor dan aktor siapa saja yang bisa mendukung ibu menyusui untuk sukses menyusui dan tentunya tetap membuat ibu bahagia dan sehat," kata Bunga yang lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia itu.

photo
Tips menyusui di tempat umum pada era normal baru. - (Republika)

Berdasarkan hasil penelitian, HCC turut memberi rekomendasi agar upaya edukasi di fasilitas kesehatan dapat melibatkan pesan kunci terkait dukungan psikologis dan pelibatan suami serta anggota keluarga. Selain itu, menurut HCC, diperlukan dukungan psikologis dengan penyediaan konseling ASI secara daring maupun langkah taktis mendukung psikologis ibu di tingkat keluarga, serta diperlukan pendekatan keluarga dalam memberdayakan setiap anggota keluarga untuk mendukung ibu memberikan ASI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement