Rabu 10 Aug 2022 03:59 WIB

Gejala Diabetes Tipe 2: Aroma Napas Manis, Ada Bercak Hitam di Kulit Belakang Leher

Diabetes tipe 2 dapat memunculkan gejala yang tidak biasa.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula darah. Gejala diabetes tipe 2 dapat berupa napas yang tercium manis dan adanya bercak hitam di belakang leher.
Foto:

Dr Nalewczynska mengatakan kekeringan vagina adalah masalah kesehatan seksual yang paling sering dikaitkan dengan diabetes tipe 2 pada perempuan. Diabetes meningkatkan risiko infeksi vagina dan peradangan sebagai faktor yang mungkin membuat seks tidak nyaman.

Perempuan dengan diabetes juga lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK) secara teratur. Ini dapat menyebabkan hubungan intim menjadi lebih menyakitkan dan tidak nyaman.

Neuropati diabetes

Diabetes dapat merusak saraf (neuropati), biasanya di kaki, hingga menyebabkan rasa kesemutan atau nyeri. Sekitar 10 hingga 20 persen orang yang didiagnosis menderita diabetes sudah mengalami kerusakan saraf terkait penyakit tersebut.

Direktur Mount Sinai Clinical Diabetes Institute, dr Ronald Tamler, mengatakan, pada tahap awal, ini mungkin hampir tidak terlihat.  Diabetes juga dapat mengurangi suplai darah ke kaki Anda dan menyebabkan hilangnya rasa, yang ditandai dengan luka tidak kunjung sembuh."Anda mungkin merasakan kesemutan yang aneh, listrik di kaki Anda, atau mengalami penurunan sensasi atau penurunan keseimbangan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement