Senin 08 Aug 2022 22:03 WIB

Belakangan Makin Populer, Suplemen Kalsium Malah Tingkatkan Risiko Kematian

Idealnya semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh didapat dari makanan, bukan suplemen.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang aneka suplemen (ilustrasi). Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart mengaitkan asupan suplemen kalsium dengan peningkatan risiko kematian dengan semua penyebab.
Foto:

Studi mencermati kondisi 2.657 pasien selama sekitar 69 bulan. Tim peneliti memisahkan peserta menjadi kelompok berdasarkan kebiasaan konsumsi suplemen. Sekitar 1.033 peserta mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D, 332 orang mengonsumsi suplemen vitamin D, dan sisanya tidak mengonsumsi suplemen apa pun.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) memperingatkan pula untuk berhati-hati agar tidak mengambil terlalu banyak suplemen kalsium. Menurut NHS, itu bisa berbahaya karena rekomendasi kalsium berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Carrie Ruxton dari Layanan Informasi Suplemen Kesehatan dan Makanan Inggris (HSIS) menyampaikan bahwa idealnya seseorang mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan. Hanya saja, banyak orang tidak bisa mendapatkannya sehingga butuh suplemen makanan.

"Sebagaimana dikonfirmasi oleh Otoritas Keamanan Pangan Eropa, suplemen kalsium aman selama asupan kalsium secara keseluruhan di bawah 2.500 miligram per hari," ujar Ruxton, dikutip dari laman Express, Senin (8/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement