Selasa 09 Aug 2022 00:40 WIB

Urine Berulang Kali Keruh Tanda Sakit Apa?

Waspadai jika urine sering terlihat keruh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes urine untuk awak pesawat yang digelar BNNP Jawa Barat dan Dishub Jawa Barat, di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (23/6). Urine berwarna keruh
Foto:

Gejala lain dari ISK yang harus diwaspadai meliputi rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil (disuria), buang air kecil lebih sering dari biasanya pada malam hari (nokturia), dan selalu ingin buang air kecil tiba-tiba atau lebih mendesak dari biasanya. Lalu, ada keinginan buang air kecil lebih sering dari biasanya, muncul darah di kencing, sakit perut bagian bawah atau sakit di punggung tepat di bawah tulang rusuk, merasa panas dan menggigil, dan suhu yang sangat rendah di bawah 36 derajat Celsius.

Gejala-gejala ini juga dapat menjadi tanda infeksi ginjal, yang dapat menjadi serius jika tidak diobati karena dapat menyebabkan sepsis. Beberapa makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan urin keruh karena menyebabkan tingkat alkalin Anda meningkat.

Cleveland Clinic menyatakan, jika Anda mengonsumsi makanan yang sebagian besar terdiri atas buah-buahan dan sayuran, daging, biji-bijian, dan keju, kadar alkali dalam tubuh cenderung lebih tinggi. Itu dapat menyebabkan urine keruh.

"Dalam kebanyakan kasus, urine keruh tidak berbahaya karena perubahan alami yang dialami tubuh Anda. Biasanya, kondisi itu hilang dengan cepat ketika Anda kembali terhidrasi dan memasukkan diet sehat ke dalam rutinitas harian Anda," kata Cleveland Clinic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement