Sabtu 06 Aug 2022 15:57 WIB

Tanda Gangguan Kesehatan yang Harus Diwaspadai Wanita Usia 30-an

Banyak gangguan kesehatan akut mulai terjadi ketika wanita menginjak usia 30-an.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Masalah kesehatan yang harus diwaspadai wanita berusia 30-an. (ilustrasi)
Foto: www.flickr.com
Masalah kesehatan yang harus diwaspadai wanita berusia 30-an. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, setiap individu akan menghadapi peningkatan jumlah masalah kesehatan. Wanita harus memberikan perhatian ekstra karena banyak gangguan kesehatan akut yang terjadi ketika menginjak usia 30-an.

“Masalah kesehatan ini memengaruhi tubuh dan melemahkan sistem kekebalan Anda,” kata pakar Ayurveda dari India, dr Nitika Kohli, seperti dikutip dari Indian Express, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga

Ada beberapa peringatan kesehatan yang harus diperhatikan setiap wanita di usia 30-an, menurut ahli Ayurveda. Pertama, jika seseorang mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, ini bisa menjadi peringatan kesehatan.

Terlepas dari faktor eksternal, kerontokan rambut yang terus-menerus bisa menjadi tanda kurangnya nutrisi penting dalam tubuh. Selain itu, apabila wanita berusia 30-an mengalami pendarahan vagina yang tidak wajar dan tidak terduga karena siklus menstruasi yang tidak normal, segera konsultasikan dengan dokter.

 

Tanda peringatan penting lainnya yaitu bisa dilihat dari kulit yang mengalami perubahan seperti munculnya tahi lalat atau bintik-bintik pada kulit. “Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, kemungkinan Anda menderita masalah pernapasan,” kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement