Rabu 03 Aug 2022 19:08 WIB

Viral di Media Sosial, Trik Memudahkan Tidur Ini Ternyata Benar-Benar Manjur

Banyak trik memudahkan tidur viral di media sosial, beberapa di antaranya manjur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur (Ilustrasi). Orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam untuk membuat tubuh terasa segar.
Foto: Piqsels
Tidur (Ilustrasi). Orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam untuk membuat tubuh terasa segar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial penuh trik dan tip memudahkan tidur. Namun, apakah tips tersebut benar-benar manjur?

Para ahli mengatakan ada beberapa tren yang membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Relaksasi adalah kunci untuk tidur karena memungkinkan kita menurunkan detak jantung dan bersantai, tetapi ini bisa jadi sulit.

Baca Juga

National Health Services (NHS) di Inggris mengatakan, orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam untuk membuat tubuh terasa segar. Dr Verena Senn, pakar tidur di Emma Sleep mengatakan, menggunakan bohlam lampu merah bisa menjadi bagian baru dari rutinitas Anda.

Dr Senn mengatakan, lampu sunset populer di TikTok tahun lalu. Tetapi, tahukah Anda bahwa bola lampu merah dapat digunakan sebagai cara untuk mendukung tidur?

"Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas paparan terapi lampu merah dalam meningkatkan kadar melatonin dan meningkatkan kualitas tidur," ujarnya, seperti dikutip dari laman The Sun, Rabu (3/8/2022).

Dr Senn juga menyoroti penggunaan teknik pernapasan sebagai tren TikTok lain yang terbukti bekerja. Pernapasan yang lebih lambat telah ditemukan untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PSNS), melewati sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab atas respons tubuh untuk melawan atau lari. Ini memungkinkan tubuh Anda untuk rileks dan membuat Anda lebih mudah tertidur.

"Cara sederhana melakukan ini adalah dengan menghitung setiap napas di kepala Anda sambil memperlambat pernapasan. Membawa fokus Anda ke pernapasan juga akan mengalihkan perhatian Anda dari gangguan atau kekhawatiran lain," ujarnya.

Alex Nguyen, ahli kesehatan di merek Hemp Area 52, mengatakan bahwa membuat jurnal adalah salah satu tren yang benar-benar dapat membantu Anda tertidur. Menurutnya, membuat jurnal sebelum tidur dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres menjelang tidur, menambah waktu tidur, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mencoba teknik yang digunakan dalam penelitian ini, sisihkan 15 menit setiap malam untuk menulis tentang pengalaman positif baru-baru ini atau tujuan apa pun yang perlu Anda selesaikan pekan itu.

Selain itu, Alex mengatakan pengaturan suhu adalah bagian penting dari tidur. Jika Anda merasa kesulitan untuk tidur, cobalah kenakan kaus kaki. Suhu tubuh perlu turun 0,5 sampai 1 derajat untuk mudah terlelap.

"Mengenakan kaus kaki di tempat tidur meningkatkan aliran darah ke kaki dan kehilangan panas melalui kulit, yang membantu menurunkan suhu inti tubuh," kata Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement