Senin 01 Aug 2022 12:26 WIB

Nichelle Nichols Meninggal Dunia, Terkenal Sebagai Letnan Uhura di Serial Star Trek

Nichelle Nichols diyakinkan Martin Luther King untuk tetap berada di Star Trek.

Aktris Nichelle Nichols. Peran Nichols sebagai Lieutenant Nyota Uhura di serial Star Trek ini dinilai penting dalam perjuangan kesetaraan hak orang kulit hitam. Nichols meninggal dunia dalam usia 89 tahun pada Sabtu (30/7/2022).
Foto: EPA-EFE/ERIK S. LESSER
Aktris Nichelle Nichols. Peran Nichols sebagai Lieutenant Nyota Uhura di serial Star Trek ini dinilai penting dalam perjuangan kesetaraan hak orang kulit hitam. Nichols meninggal dunia dalam usia 89 tahun pada Sabtu (30/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemeran Letnan Uhura dalam serial televisi Star Trek Nichelle Nichols telah meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Pihak keluarga mengumumkan kabar duka itu pada Sabtu (30/7/2022), sebagaimana diwartakan Reuters, Senin (1/8/2022).

"Ia meninggal karena sebab alamiah. Namun, cahayanya, seperti galaksi masa lalu yang sekarang terlihat untuk pertama kalinya, akan tetap untuk kita dan generasi mendatang untuk dinikmati, dipelajari, dan menginspirasi," kata sang putra, Kyle Johnson.

Baca Juga

Star Trek, yang menjadi fenomena budaya pop sejak tahun 1960-an, menghancurkan stereotipe umum di televisi AS pada saat itu dengan menampilkan aktor kulit hitam dan minoritas dalam peran penting di acara itu. Pada 1968, dia dan bintang Star Trek William Shatner memecahkan penghalang budaya ketika melalukan ciuman antar-ras pertama dalam tayangan televisi di AS.

Nichols telah merencanakan untuk keluar dari Star Trek setelah satu musim, namun pemimpin hak-hak sipil tahun 1960-an, Martin Luther King, meyakinkannya untuk tetap berada di proyek itu. Hal tersebut dinilai sangat revolusioner untuk memiliki seorang perempuan kulit hitam yang berperan sebagai anggota kru senior yang penting pada saat orang kulit hitam sedang berjuang untuk kesetaraan dalam masyarakat Amerika.

Nichols juga membantu memecahkan persoalan ras di NASA, yang pemimpinnya adalah penggemar Star Trek. Pada 1970-an, Nichols diajak untuk menarik astronaut minoritas.

Beberapa tokoh yang ditarik oleh Nichols di NASA antara lain astronot perempuan pertama AS, Sally Ride; astronaut perempuan kulit hitam pertama, Mae Jemison; dan kepala NASA kulit hitam pertama, Charlie Bolden.

"Nichols melambangkan begitu banyak tentang kemungkinan dan menginspirasi generasi untuk meraih bintang-bintang," kata NASA di Twitter.

Penggambaran Nichols tentang Uhura yang kompeten dan berkepala dingin juga membantu menginspirasi aktor kulit hitam masa depan, termasuk pemenang Oscar Whoopi Goldberg. Seri Star Trek asli, hanya ditayangkan selama tiga musim di jaringan NBC dari tahun 1966 hingga 1969.

Namun, serial ini menjadi sangat populer pada tahun 1970-an, menginspirasi serial animasi yang menyatukan kembali para pemeran dari tahun 1973 hingga 1975. Berikutnya, muncul serangkaian film dan pertunjukan.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement