Jumat 29 Jul 2022 10:49 WIB

5 Gaya Hidup Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga kesehatan hati penting karena tidak ada obat untuk penyakit hati.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Menjaga kesehatan hati penting karena tidak ada obat untuk penyakit hati.
Foto: Picpedia.org
Menjaga kesehatan hati penting karena tidak ada obat untuk penyakit hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lever atau hati pada manusia tentu punya fungsi yang luar biasa. Organ hati dapat menyaring hal-hal berbahaya dari darah, menyimpan bahan bakar, dan membuat cairan yang disebut empedu.

“Hal itu membantu untuk mencerna makanan," jelas laman WebMD, seperti dikutip dari laman BestLife, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga

Seperti bagian tubuh lainnya, kesehatan organ tentu dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup. Tidak ada obat untuk penyakit hati seperti sirosis, melainkan perlu mempraktikkan gaya hidup sehat untuk mencegah kondisi yang mengancam jiwa. Berikut lima gaya hidup untuk menjaga kesehatan lever.

 

 

1. Hindari alkohol

“Banyak orang berpikir untuk membatasi asupan alkohol mereka ketika mempertimbangkan kesehatan hati dan memang benar sekali. Alkohol sama sekali tidak boleh," kata Sameer Jafri Presiden & COO Avive Solutions, Inc. 

Saat minum alkohol terlalu banyak, dapat menyebabkan jaringan parut atau bahkan sirosis. Meskipun hati memiliki kemampuan luar biasa untuk tumbuh kembali, tapi tidak dapat pulih dari jaringan parut.

"Jaringan parut menghalangi aliran darah melalui hati dan memperlambat kemampuan hati untuk memproses nutrisi, hormon, obat-obatan dan racun alami (racun)," catat Klinik Cleveland. Hal itu juga mengurangi produksi protein dan zat lain yang dibuat oleh hati.

 

2. Makanan yang sehat

Melindungi hati hanyalah salah satu dari banyak alasan bagus untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Pilih makanan dengan serat yang cukup dari sumber seperti biji-bijian serta buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, sumber protein tanpa lemak seperti makanan laut, dan unggas tanpa kulit. Konsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi dan membantu hati berfungsi lebih baik, menurut American Liver Foundation.

 

3. Detoks secara teratur

Jafri merekomendasikan kombinasi sederhana lemon dan air sebagai bagian dari rejimen kesehatan hati. Itu dapat bekerja dengan baik untuk detoksifikasi hati dan menghilangkan racun dari tubuh. Minum di pagi hari, konsumsi 10 hingga 12 gelas tambahan air hangat setiap hari. Pastikan untuk merawat gigi pada saat yang sama, karena jus lemon dapat menyebabkan erosi gigi. Minum melalui sedotan dan mmeilih jus lemon segar adalah dua cara untuk mengatasi potensi kerusakan pada email.

 

4. Hindari racun

Racun dapat melukai sel-sel hati. Jafri menyarankan untuk membatasi kontak langsung dengan racun dari produk pembersih dan aerosol, insektisida, bahan kimia, dan aditif. Saat menggunakan aerosol, pastikan ruangan berventilasi, dan disiplin menggunakan masker.

 

5. Perhatikan berat badan 

"Memiliki obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD), suatu kondisi di mana kelebihan lemak menumpuk di hati Anda," kata Jafri. 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan peradangan, yang dapat mempengaruhi kemampuan hati Anda untuk berfungsi. Mempertahankan berat badan yang sehat penting untuk banyak aspek kesehatan secara keseluruhan. “Selain menurunkan risiko penyakit jantung, strok, diabetes, dan tekanan darah tinggi, juga dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker," jelas Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement