Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Pakar: Jangan Ikuti Tren Bersih-Bersih #ProductOverload Ala TikTok, Ini Sisi Negatifnya

Tren #ProductOverload ditandai dengan mencampur aneka bahan pembersih.

Rep: Santi Sopia
Produk pembersih kaca (ilustrasi). Mencampurkan beragam bahan untuk pembersih justru akan membuat produk tidak efektif sekaligus mencemari lingkungan.
Reiny Dwinanda/Republika

Dioksin ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai di laut. Richard Leigh, manajer kampanye di Unblocktober, menyebut tren kelebihan produk "mengkhawatirkan" dan "berbahaya".

Sponsored
Sponsored Ads

Leigh, yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di industri air limbah, mengatakan jumlah produk dalam satu video ini lebih banyak daripada yang digunakan di rumah tangga selama enam bulan.

"Itu sangat penting, mengingat banyak pembuat konten mengunggah beberapa video kelebihan produk setiap hari," kata Leigh.

Scroll untuk membaca

Fosfat ditemukan pada berbagai tingkat dalam produk pembersih yang berbeda. Hal itu menyebabkan eutrofikasi dan mengganggu keseimbangan nutrisi di sungai yang pada akhirnya menipiskan pasokan oksigen akuatik dan mengubah ekosistem.

Akibatnya, kehidupan laut dan tumbuhan dapat mati lemas. Leigh mendesak penggemar tren ini untuk waspada terhadap kerusakan lingkungan yang tidak perlu dan memperhatikan produk yang digunakan untuk membersihkan rumah.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>