Rabu 13 Jul 2022 00:30 WIB

Dalam Waktu Empat Pekan, Subvarian BA.5 Bisa Sebabkan Reinfeksi Covid-19

Reinfeksi mungkin terjadi pada orang yang sudah pernah kena Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Menurut para ahli, subvarian BA.5 dan BA.4 memang memiliki kemampuan untuk memicu reinfeksi yang lebih cepat.
Foto:

Di samping itu, peningkatan kasus juga terjadi karena sejumlah wilayah telah melonggarkan restriksi pandemi. Di Inggris , misalnya, para warga tak lagi dikekang dengan berbagai aturan pengendalian Covid-19, termasuk penggunaan masker.

"Merupakan sesuatu yang juga bijaksana untuk menggunakan penutup wajah (masker) di ruang yang ramai dan tertutup," ungkap direktur program klinis dari UKHSA, Dr Mary Ramsay.

Dr Ramsay juga mengimbau agar orang-orang tetap menjaga kebersihan tangan mereka sepanjang waktu. Bila mengalami gejala pernapasan atau demam, sangat dianjurkan untuk segera mengisolasi diri dan menghindari kontak dengan kelompok berisiko.

Sejauh ini, Dr Ramsay mengatakan vaksinasi masih memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya kasus Covid-19 berat. Menurut analisis awal, pemberian booster vaksin Covid-19 juga tampak mengoptimalkan perlindungan terhadap risiko sakit berat dan perawatan di rumah sakit akibat Covid-19.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

"(Anjuran booster) ini termasuk untuk orang-orang yang terakhir kali menerima vaksin lebih dari enam bulan lalu, serta orang-orang yang hidup di panti jompo atau orang-orang yang rentan secara klinis," kata Dr Ramsay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement