Senin 04 Jul 2022 22:29 WIB

4 Penyebab Mimpi Buruk Mendatangi Tidur: Makanan Hingga Posisi Ternyata Bisa Jadi Pemicu

Mimpi buruk bisa dipicu oleh hal-hal yang dilakukan sebelum tidur.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur malam (Ilustrasi). Mimpi buruk bisa terjadi akibat konsumsi obat-obatan, suplemen, serta alkohol. Di samping itu, makan dekat waktu tidur juga bisa jadi pemicunya.
Foto:

3. Kecemasan dan stres

"Kecemasan dan stres yang disebabkan oleh situasi traumatis atau mengkhawatirkan dapat memicu mimpi buruk. Pikiran bawah sadar akan mengubah pikiran yang menakutkan menjadi cerita yang menakutkan dan kisah yang tidak menyenangkan," kata Lawlor.

Lawlor menyarankan tidur yang cukup karena kurang tidur dapat menyebabkan stres dan mimpi buruk. Senn menyarankan untuk tidak terlibat dengan buku, film, atau permainan menakutkan sebelum tidur karena dapat memicu respons melawan dari tubuh.

4. Tidur telentang

"Penelitian telah menunjukkan, orang yang tidur telentang lebih mungkin mengalami mimpi buruk. Tidur telentang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Ketika tubuh berada di rapid eye movement (REM), kekurangan udara dapat memicu mimpi buruk, seperti dikejar, mati lemas, atau tenggelam," ujar Lawlor.

Tidur miring ke kanan adalah pilihan terbaik. Kita juga bisa mengubah posisi tidur tanpa menyadarinya di malam hari, dan itu tidak masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement