Senin 04 Jul 2022 18:41 WIB

Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Sebabkan Anak Stunting

Masalah kesehatan ibu hamil dapat berisiko membuat bayi lahir stunting.

Ibu hamil (Ilustrasi). Persiapan hamil yang sehat harus dimulai sejak sebelum hamil, bahkan saat perempuan masih berusia remaja. Masalah kesehatan ibu saat hamil bisa sebabkan anak stunting.
Foto:

Dr Dwiana menjelaskan ketika calon ibu mengalami anemia, menderita hipertensi, kurang energi, bahkan menderita penyakit-penyakit, maka bisa saja nanti kelahirannya bisa prematur. Bayi dalam kandungannya tidak tumbuh dengan baik.

"Ini bisa menyebabkan stunting," kata dr Dwiana.

Berikutnya, saat hamil, dr Dwiana mengatakan ibu perlu mendapatkan gizi yang seimbang dari segi jumlah dan variasi makanan yang dikonsumsi.

photo
Pernikahan harus disiapkan secara baik dan pada usia yang cukup. - (Republika)

"Jangan cuma nasi aja, tapi perlu ikan dan telur, perlu tempe atau tahu, perlu sayur, buah-buahan, dan batasi makan minyak dan gula. Ini semua ada di buku Dr KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)," kata dr Dwiana.

Dr Dwiana menjelaskan, ibu juga perlu konsumsi suplemen secara rutin dan sesuai anjuran dokter karena kebutuhan suplemen pada ibu hamil akan meningkat. Pastikan juga bahwa kenaikan berat badan harus sesuai serta rutin berkonsultasi dengan dokter.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement