Jumat 01 Jul 2022 23:01 WIB

Komunitas Gastronomi Ungkap Temuan Jenis Makanan yang Ada di Relief Candi Borobudur

Relief Candi Borobudur juga memuat informasi jamuan makanan raja Mataram kuno.

Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) menunjukkan bagian batu candi yang rusak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). BKB menyatakan banyak bagian struktur Candi Borobudur yang tergerus atau rusak akibat banyaknya pengunjung dan kurangnya kesadaran wisatawan dalam menjaga dan melestarikan benda cagar budaya. Di antara relief Candi Borobudur, terdapat pula informasi mengenai jenis makanan-minuman yang dikonsumsi masyarakat pada masa lampau.
Foto:

Sementara itu, konsumsi ikan dan belut ada kaitannya dengan lokasi Borobudur pada masa itu yang dikelilingi oleh danau purba. Ria menyebut penemuan bahan makanan dan minuman tersebut berdasarkan penelitian terhadap prasasti relief Candi Borobudur sejak 2017.

"Tidak hanya ditemukan narasi mengenai musik, tari, dan fashion, tapi yang terbaru adalah gastronomi," ujar Ria.

Pameran yang akan berlangsung pada empat kota ini merupakan upaya IDC untuk mengenalkan kepada masyarakat akan kekayaan gastronomi Indonesia yang ada sejak berabad lalu. Selama pameran berlangsung juga diadakan gelar wicara membahas gastronomi dan bisnis makanan bersama para pelaku usaha dan pakar pada bidangnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement