Rabu 29 Jun 2022 20:48 WIB

Covid-19 Sangat Menular, Satgas: Lakukan Deteksi Dini Usai Liburan

Pastikan keluarga dalam kondisi sehat sebelum, saat, dan setelah liburan.

Pengunjung memegang buaya di salah satu wahana Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022). Deteksi dini di tengah peningkatan kasus Covid-19 cukup penting, terutama setelah pergi berlibur.
Foto:

Asti menjelaskan, apabila orang dewasa atau anak usia 6-17 tahun mengalami sakit kronis yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksin karena alasan klinis maka sebelum bepergian diminta memeriksakan kesehatannya ke dokter. Selain itu, lakukan protokol kesehatan dengan ketat.

"Laksanakan protokol perjalanan, isi e-HAC (electronic-Health Alert Card), unduh sertifikat vaksin, sediakan masker dan hand sanitizer, dan bila memungkinkan bawa alat makan sendiri dan memilih makanan yang dimasak dengan baik," paparnya.

Asti mengingatkan bahwa transmisi penularan Covid-19 dan berbagai virus lainnya dapat terjadi pada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Jadi, pastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum dan saat bepergian.

"Lalu pilih lingkungan dan tempat liburan yang menerapkan protokol Covid-19, sudah sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability," ujar Asti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement