Rabu 29 Jun 2022 14:36 WIB

Kurangnya Literasi Sering Bikin Keluarga Indonesia Terbelit Masalah Keuangan, Solusinya?

Perencana keuangan ungkap solusi permasalahan keuangan yang umum dialami keluarga.

Memikirkan manajemen keuangan keluarga (ilustrasi). Kurangnya literasi finansial kerap mendatangkan masalah dalam pengelolaan keuangan keluarga.
Foto:

Solusi

Dari permasalahan keuangan yang umum terjadi itu, Annisa memaparkan bahwa solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan pengelolaan keuangan atau budgeting. Selain itu, para keluarga juga perlu untuk memiliki dana darurat atau asuransi agar tak merusak alur keuangan.

Selain itu, penting untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai pengelolaan keuangan juga penting untuk dilakukan oleh keluarga Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar pasangan pun dapat dengan kompak mengatur alur pengeluaran mereka.

"Kalau kita lihat dari situ, solusinya ada beberapa. Pertama, budgeting-nya harus lancar. Minimal bisa menabung 10 persen dari penghasilan. Kalau ada hutang nggak lebih dari 30 persen. Kedua, siapkan dana darurat dan asuransi," papar Annisa.

"Terakhir sebenarnya adalah gimana kita berdiskusi dengan pasangan. Jadi kita bisa punya pondasi finansial yang kuat sebagai keluarga, sehingga pengelolaan keuangannya bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement