Kamis 23 Jun 2022 06:30 WIB

Boris Johnson Jalani Operasi Sinus, 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

PM Inggris Boris Johnson telah menjalani operasi sinus pada Senin (20/6/2022).

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan 10 Downing Street untuk menghadiri sesi mingguan pertemuan untuk menjawab pertanyaan Parlemen di Gedung Parlemen, di London, Rabu, 25 Mei 2022. Johnson menjalani operasi sinus pada Senin, 20 Juni 2022.
Foto:

Balloon sinuplasty

Sebagai prosedur yang lebih tidak invasif, balloon sinuplasty dirancang untuk membantu pasien meredakan gejala sinusitis kronis. Metode ini dilakukan dengan cara memasukkan kateter balon fleksibel ke saluran sinus.

Setelah balon diletakkan pada posisi yang sesuai, balon akan mengembang secara perlahan untuk membuka rongga sinus. Setelah itu, cairan salin akan digunakan untuk mengeluarkan lendir. Hal ini dapat meringankan tekanan yang semula muncul akibat penumpukan cairan.

Turbinate reduction surgery

Turbinat atau konka hidung bisa membengkak dan meradang akibat infeksi, iritasi, atau alergi. Kondisi ini bisa memperburuk gejala pada sinus akibat obstruksi hidung dan produksi lendir berlebih.

Operasi ini bertujuan untuk memperkecil ukuran dan pembengkakan turbinat agar proses bernapas bisa menjadi lebih mudah. Operasi ini tidak memengaruhi ukuran atau bentuk hidung pasien.

Berapa lama masa pemulihan?

Operasi sinus umumnya tidak membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Akan tetapi, pasien sebaiknya didampingi selama perjalanan ke rumah sakit hingga kembali ke rumah.

Pasien biasanya membutuhkan waktu hingga lima hari untuk bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Selama pemulihan, pasien disarankan untuk menghindari aktivitas yang meningkatkan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement