Rabu 22 Jun 2022 19:59 WIB

CDC: Kasus Hepatitis Anak Masih di Bawah Tingkat Sebelum Pandemi Covid-19

Penelitian CDC mengungkap tak ada kaitan antara kasus hepatitis anak dengan pandemi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Gejala awal hepatitis yakni nyeri perut hingga diare (ilustrasi). CDC mengungkap bahwa wabah hepatitis anak kasusnya masih di bawah level pra pandemi Covid-19.
Foto:

Data Labcorp termasuk hasil spesimen tinja yang diuji untuk tipe adenovirus 40/41, tapi tidak dapat membedakan apakah tipenya adalah tipe 40 atau 41. CDC mencatat sekitar 90 persen dari semua kasus adenovirus yang terdeteksi di AS dengan gastroenteritis adalah tipe 41.  

Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam rawat inap terkait hepatitis atau kunjungan gawat darurat anak selama periode wabah selama Oktober 2021 hingga Maret 2022 dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Selain itu, tidak ada peningkatan signifikan juga dalam jumlah transplantasi hati bulanan atau peningkatan persentase spesimen positif adenovirus tipe 40/41 selama Oktober 2021 sampai Maret 2022 dibandingkan dengan tingkat pra pandemi.

photo
Hepatitis akut misterius mengusik anak-anak. - (Republika)

Tetapi Inggris memang melaporkan peningkatan jumlah spesimen tinja yang positif adenovirus di antara anak-anak berusia satu hingga empat tahun dibandingkan dengan tingkat pra pandemi. Badan tersebut mencatat data tentang total spesimen yang diuji di Inggris tidak tersedia sehingga persentase sebenarnya dari spesimen positif adenovirus tidak diketahui.

CDC melaporkan data tersebut memiliki keterbatasan karena analisis menilai tren hepatitis secara tidak langsung melalui data kesehatan elektronik. Mengingat asus hepatitis tanpa penyebab yang jelas tidak dapat dilaporkan di Amerika Serikat, penyebab yang pasti saat ini tidak diketahui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement