Rabu 22 Jun 2022 11:52 WIB

Cacar Air Merebak di Inggris, Losion Calamine Langka

Orang tua di Inggris kesulitan mendapatkan losion calamine pereda gatal cacar air.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Cacar air (ilustrasi). Losion calamine digunakan untuk meredakan gatal ringan akibat cacar air.
Foto:

Lebih jauh lagi, bintik-bintik yang sama ini mungkin mulai terisi cairan dan menjadi lepuh, kemudian bisa pecah dan membentuk keropeng. Sementara bintik-bintik ini adalah gejala utama cacar air, gejala lainnya termasuk:

• Suhu tinggi.

• Sakit dan nyeri.

• Kehilangan selera makan.

Meskipun cacar air paling sering terjadi pada anak-anak, penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa. Walaupun gejalanya membuat tidak nyaman, cacar air adalah kondisi umum.

Setiap individu dengan cacar air harus menjauh dari pekerjaan atau sekolah setidaknya selama lima hari setelah bintik-bintik muncul. NHS merekomendasikan seseorang untuk berbicara dengan dokter umum jika mereka tidak yakin apakah itu cacar air atau jika para orang tua khawatir dengan anak mereka.

Setelah cacar air sembuh, virus tetap berada di dalam tubuh. Virus dapat kembali menyerang dan menimbulkan herpes zoster di kemudian hari.

Kasus cacar air meningkat di Inggris setelah anak-anak kembali ke sekolah tanpa adanya ketentuan jaga jarak seperti yang diterapkan sebelumnya dalam pencegahan Covid-19. Sementara itu, banyak orang tua yang khawatir anaknya terkena cacar monyet (monkeypox), padahal kebanyakan kasus sebenarnya adalah cacar air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement