Jumat 17 Jun 2022 16:23 WIB

Pengabdi Setan 2: Communion Syuting di Rumah Susun yang Kosong Selama 15 Tahun

Butuh waktu empat bulan menemukan rumah susun kosong sebagai lokasi syuting.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Joko Anwar mengunggah teaser poster film Pengabdi Setan 2.
Foto: @jokoanwar/Instagram
Joko Anwar mengunggah teaser poster film Pengabdi Setan 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trailer Pengabdi Setan 2: Communion resmi dirilis pada hari ini, Kamis (16/6/2022). Cerita tidak lagi berlatar dari rumah tua di tengah kesepian, tetapi telah berganti ke sebuah rumah susun (rusun) berhantu, dalam era 1985.

Aktris Tara Basro menceritakan pengalamannya saat datang pertama kali ke lokasi syuting. Mereka melakukan syuting di sebuah rusun yang sudah kosong selama 15 tahun

Baca Juga

“Pas awal sampai, kita mikir, ini serius nih syuting di sini?” ujar Tara.

Ternyata tempat itu benar-benar menjadi lokasi syutingnya, dan menurut dia, banyak sekali yang bisa dieksplor pada rusun itu. “Ibaratnya, banyak setannya dimana-mana,” papar Tara lagi.

Sutradara Joko Anwar bercerita bagaimana dirinya mencari lokasi syuting selama empat bulan, berkeliling Jakarta hingga ke Bandung. Bagi dia, mencari lokasi harus tepat dan sesuai dengan pemain, sama sulitnya.

“Akhirnya kita minta tolong netizen setelah empat bulan belum ketemu yang pas. Makanya kita kasih satu special thanks untuk Gaby, yang telah menemukan tempat ini,” ujar Joko dalam kesempatan yang sama.

Mereka membuat assesment dan berbicara dengan penjaga gedung. Dan di balik rusun itu, rupanya ada satu misteri tersembunyi yakni mereka dilarang menginjakkan kaki di lantai tujuh, tetapi Joko enggan menceritakan alasannya.

“Ada beberapa tempat yang nggak boleh dimasukin, itu ada di lantai tujuh. Dan setiap orang yang coba datangin, benar, ada sesuatu yang terjadi. Tapi nggak usah diceritain deh, biar nggak sensasional,” kata dia.

Pengabdi Setan 2 ini tetap mengambil era tahun 1980-an tepatnya di 1985. Dalam trailer, penggambaran ibu kota Jakarta juga sangat smooth hingga tidak terlihat mana yang CGI dan mana yang real.

Tampak juga Rini (Tara Basro) yang cekcok dengan adik-adiknya, hingga mereka memutuskan untuk pindah ke rusun. Namun rusun yang mereka datangi menyimpan banyak misteri, dan mereka pun merasakan sesuatu yang ganjil di sana.

Ada dua jumpscare dalam film di mana Tony yang sedang memegang korek api menyala, lalu tiba-tiba apinya mati, dan ketika dinyalakan ada dua pocong di belakangnya. Kemudian jelang akhir trailer, Bondi (Nasar Anuz) berpapasan dengan sosok ibu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement