Jumat 17 Jun 2022 16:09 WIB

Dipakai Kim Kardashian Saat Met Gala 2022, Gaun Fenomenal Marilyn Monroe Rusak?

Gaun fenomenal Marilyn Monroe tampak rusak saat dipakai Kim Kardashian.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Gaun fenomenal Marilyn Monroe tampak rusak saat dipakai Kim Kardashian.
Foto: EPA
Gaun fenomenal Marilyn Monroe tampak rusak saat dipakai Kim Kardashian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaun fenomenal Marilyn Monroe tampak rusak setelah Kim Kardashian mengenakannya dalam Met Gala 2022. Seorang Sejarahwan Marilyn Monroe, Scott Fortner, berbicara di Instagram membagikan potret gaun itu sebelum dan sesudah dikenakan.

Kardashian mengenakan gaun itu selama beberapa menit, saat penampilannya di red carpet. Setelah itu dia segera melepasnya dan memakai replikanya yang ia kenakan sepanjang malam. 

Baca Juga

Gaun itu merupakan karya Jean Louis yang dikenakan Monroe saat menyanyikan lagu “Happy Birthday” untuk Presiden John F Kennedy pada 1962. Gaun Monroe saat ini dipajang di Ripley's Believe It or Not! Museum, Hollywood, California. Perwakilan Kardashian dan Ripley's Believe It or Not! Museum belum berkomentar.

Pemilik Oh Mannequin!, ChadMichael Morrisette, mengatakan bahwa Ripley membeli gaun itu seharga 4,81 juta dolar AS pada lelang 2016. Ia pun berbicara tentang status gaun itu pada majalah People.

“Kain souffle sutra halus, tampaknya telah kehilangan kristalnya. Ada beberapa robekan kecil di sepanjang jahitan ritsleting,” kata Morrisette kepada People, dilansir Jumat (17/6/2022).

Ia menyebutkan bahwa ia melihat gaun itu di 12 Juni 2022, serta mengambil gambar dan video dari kerusakan itu.

“Saya disewa oleh Julien (pada 2016) untuk memajang gaun itu. Dan bukan hanya gaun itu, saya memajang seluruh lelang barang Marilyn Monroe. Saya menangani banyak artefaknya daripada siapa pun di dunia,” kata dia lagi.

Ia pernah memegang SIM Monroe, buku tahunan sekolah menengahnya, visanya ke Korea ketika dia pergi ke Korea dengan Joe DiMaggio, semua barang Monroe sudah pernah ia pegang sebelum dijual.

“Saya tahu gaun itu, dan kerusakannya sangat jelas. Ripley membuat saya menangis. Saya berlari dengan tangan menutupi mulut saya, menahan air mata, karena saya tidak percaya kerusakan yang mereka biarkan terjadi demi aksi publisitas,” kata Morrisette.

Pada Mei, Ripley ke Instagram untuk membagikan langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk melestarikan gaun ikonik tersebut. Seperti memasukan konservasionis garmen, penilai, dan arsiparis. Kondisi garmen adalah prioritas utama mereka.

“Percaya atau Tidak! tidak ada perubahan yang dilakukan pada gaun itu dan Kim bahkan memakai replikanya setelah red carpet!” kata akun Ripley's Believe It or Not! Museum.

Kardashian mengklaim bahwa dia menghormati gaun itu selama penampilannya di red carpet saat berjalam dengan kekasihnya, Pete Davidson. “Saya sangat menghormati gaun itu dan maknanya bagi sejarah Amerika,” kata dia.

Ia mengaku gaun itu tidak dipakai duduk atau makan saat acara. Dia tidak mau berisiko dengan kerusakan apa pun pada gaun itu. Bahkan ia tidak memakai perhiasan saat mengenakan gaun itu, padahal biasanya ia selalu memakai perhiasan.

“Semuanya harus diatur secara khusus, dan saya harus berlatih menaiki tangga,” kata Kardashian. Di red carpet, Kardashian menyebut harus menurunkan berat badannya hingga 16 pon atau sekitar 7,5 kilogram, hanya dalam waktu tiga pekan. Hal itu agar sesuai dengan gaun Monroe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement