Kamis 16 Jun 2022 12:05 WIB

Cuaca Panas Bikin Kaki Membengkak, Ini Cara Mengatasinya

Kaki dapat menjadi bengkak saat cuaca panas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak di saat cuaca panas.
Foto:

4. Angkat kaki

Elevasi adalah salah satu cara terbaik untuk "menguras" kelebihan cairan yang terperangkap di jaringan di sekitar kaki dan pergelangan kaki Anda. Care Plus merekomendasikan untuk mengangkat kaki Anda lebih tinggi dari jantung, sekitar tiga atau empat kali sehari selama 30 menit setiap kali.

5. Makanan sehat

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko kaki atau pergelangan kaki bengkak dan daftar panjang banyak masalah kesehatan lainnya. Perbanyak asupan kaya nutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sesuai dengan kebutuhan energi.

6. Kurangi asupan garam

Garam yang berlebihan harus dihindari dalam cuaca panas agar tubuh tetap terhidrasi sekaligus untuk mengurangi bengkak di tangan, kaki, dan pergelangan kaki. Karena garam mengikat air, mengurangi asupan garam dan makanan asin dalam diet sangat penting, terlebih saat kondisi cuaca panas.

7. Tetap aktif

Mengontrol asupan bukan satu-satunya cara untuk mencegah pembengkakan. Olahraga dan tetap aktif juga tidak kalah penting. Svandfeldt mengatakan duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko kaki dan pergelangan kaki bengkak.

"Ini juga bisa terjadi jika Anda berdiri terus untuk jangka waktu tertentu, jadi tingkatkan jumlah gerakan dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk meningkatkan aliran darah," kata Svanfeldt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement