Senin 13 Jun 2022 16:28 WIB

Setelah Disunat, Apa Betul Anak tak Boleh Mandi dan Perlu Hindari Makanan Tertentu?

Konon, anak tak boleh mandi dan perlu menghindari makanan tertentu setelah disunat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tenaga kesehatan melakukan operasi sunat di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (30/11). Sebanyak 50 anak mengikuti kegiatan sunat massal secara gratis dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke-57 yang dilaksanakan mulai Selasa (30/11) hingga (3/12). Kegiatan tersebut digelar di 10 Puskesmas di wilayah Jakarta Selatan. Sejumlah mitos tentang sunat masih beredar di masyarakat.
Foto:

3. Perhatikan kondisi anak

Proses penyembuhan anak bisa bergantung pada teknologi sunat yang digunakan dan kondisi anak itu sendiri. Bagi anak yang punya kelainan pembekuan darah, misalnya, bisa saja dilakukan sunat dengan teknologi yang meminimalisasi, bahkan tidak menghasilkan darah.

"Misalnya klem, termasuk teknologi dr M Optical Maser, saya yakin bisa berdasarkan teori, mestinya akan membantu anak dengan kasus tersebut," kata dr Mahdian.

Luka bisa sembuh tiga sampai lima hari, apalagi jika tidak ada inflamasi berlebihan dan infeksi. Salah satu kelebihan laser adalah minim inflamasi.

Proses pertama yang dilakukan saat sunat, yakni mulai dari anestesi, pemotongan, dan pembalutan dengan perban. Di kliniknya, dr Mahdian menganjurkan agar kontrol pada hari keempat untuk mengetahui hasil sunat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement