Senin 06 Jun 2022 23:20 WIB

Pakar UGM: Jangan Khawatir Berlebihan Soal Cacar Monyet

Kewaspadan soal cacar monyet perlu ditingkatkan, tapi jangan khawatir berlebihan.

Seorang perempuan memeluk gerbil peliharaannya. Gerbil, hamster, tikus dan tupai termasuk hewan pengerat yang dapat menularkan cacar monyet.
Foto:

Penularan, menurut Prof Wayan, juga bisa melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau materi lesi cacar serta kontak tidak langsung dengan benda maupun permukaan yang terkontaminasi. Menurut dia, masyarakat bisa melakukan pencegahan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, memakai masker, menerapkan hubungan seksual yang aman, serta menerapkan etika batuk dan bersin yang benar.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Melihat penularan cacar monyet antar manusia yang tergolong tinggi, Prof Wayan mengimbau kegiatan surveilans difokuskan pada fasilitas kesehatan dengan target kasus dan kelompok probabel. Selain itu, berkaca dari wabah cacar monyet di Amerika Serikat pada 2003 silam, ia menekankan pembatasan dan transportasi hewan perlu dipertimbangkan dan diperketat, terutama dari daerah endemik dan negara-negara dengan wabah tersebut.

"Sementara hewan yang diduga telah kontak dengan hewan terinfeksi perlu dikarantina serta ditangani sesuai dengan standar pencegahan dan diilakukan observasi gejala cacar monyet selama 30 hari," kata Prof Wayan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement