Sabtu 04 Jun 2022 07:13 WIB

Jangan Sepelekan, Ini 9 Kondisi Kesehatan yang Bisa Dipantau dari Masalah Mulut

Penyakit gusi bisa menandakan diabetes.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Dokter memeriksa gigi. gangguan kesehatan gigi bisa menjadi peringatan mengenai kondisi di bagian tubuh lain.
Foto:

- Suara serak tanda kerusakan saraf
Bukan hanya gigi dan gusi yang diperiksa oleh dokter gigi, tapi juga bibir, lidah, pipi, dasar mulut, langit-langit mulut, serta tenggorokan. Suara serak juga akan jadi perhatian lantaran bisa menjadi tanda kerusakan saraf, bahkan kanker mulut. Jika suara serak terus-menerus berlangsung lebih dari dua pekan, itu tidak boleh diabaikan.
 
- Bibir kebiruan tanda sirkulasi darah buruk
Bibir dengan semburat kebiruan bisa menunjukkan banyak hal, misalnya sirkulasi darah yang buruk atau anemia. Sikka kerap mendorong pasien dengan bibir kebiruan atau sangat pucat untuk melakukan tes darah dan pemeriksaan jantung supaya kondisi kesehatannya terpantau.
 
- Gigi aus bisa jadi penanda stres
Stres parah dapat menyebabkan seseorang menggertakkan atau mengatupkan gigi yang memicu keausan serta masalah dengan sendi rahang. "Gigi yang rusak atau aus, gigi sensitif, gigi yang patah, dan tambalan yang patah adalah gejala dari menggertakkan gigi, yang dapat disebabkan oleh stres atau kecemasan," ucap dokter gigi di Holt Dental Care di Norfolk, Susie Lloyd.
 
- Sariawan berkepanjangan bisa jadi tanda kanker
Ulkus mulut dapat disebabkan gigi palsu yang tidak pas, kemunculan gigi bungsu, infeksi, obat-obatan, atau luka akibat menyikat gigi. Lloyd mengatakan itu sangat umum terjadi, tetapi jika sariawan tidak kunjung sembuh setelah dua pekan bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius.
 
"Itu bisa menandakan kanker mulut, jadi penting untuk berbicara dengan dokter gigi yang dapat merujuk ke spesialis untuk tes lebih lanjut," tuturnya.
 
- Mulut kering bisa menandakan menopause
Ahli periodonti dan dokter gigi implan Faizan Zaheer menyampaikan bahwa mulut kering bisa merupakan penanda bahwa seorang perempuan segera mengalami menopause. "Menopause juga dapat menyebabkan kelemahan pada tulang rahang serta, dalam kasus yang jarang terjadi, sensasi terbakar di lidah, gusi, bibir, bagian dalam pipi, atau di bagian belakang mulut dan tenggorokan," kata Zaheer.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement