Kamis 02 Jun 2022 20:38 WIB

Orang Sehat Juga Bisa Kena Heat Stroke Saat Berhaji, Ini Daftar Gejalanya

Kenali gejala heat stroke saat berhaji.

Suasana jamaah yang sedang umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (1/6/2022). Calon haji diserukan untuk menjaga asupan cairan untuk menghindari heat stroke.
Foto:

Dr Untung menjelaskan, dehidrasi dan juga perubahan tekanan darah yang fluktuatif dikhawatirkan dapat memicu strok. Karena itu, calon haji khususnya penderita riwayat strok, perlu memperhatikan asupan air minum serta menjaga daya tahan atau imunitas tubuh agar tetap bugar selama melaksanakan ibadah haji.

photo
Waspadai heat stroke. - (Republika)

Dr Untung menjelaskan, salah satu cara menjaga imunitas adalah mengatur pola tidur dan memperhatikan asupan makan dan minum. Selain itu, cobalah berpikir positif dan menghindari stres.

"Saat terjadi penurunan stamina, segera antisipasi dengan banyak istirahat dan memerhatikan asupan makanan serta minumnya," kata Pelaksana Tugas Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto tersebut.

Dr Untung juga mengingatkan bagi calon haji dengan keluhan penyakit tertentu, seperti hipertensi, perlu tetap mengonsumsi obat-obat rutin sesuai dengan anjuran dari dokter. Selain itu juga penting untuk membekali diri dengan berbagai obat-obatan lainnya yang dibutuhkan selama berada di Tanah Suci.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement