Senin 30 May 2022 21:59 WIB

Gejalanya Mirip, Apa Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air?

Meski gejalanya mirip, cacar monyet dan cacar air disebabkan oleh virus yang berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Gejala cacar monyet mirip dengan cacar air.
Foto: CDC via AP
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo. Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Gejala cacar monyet mirip dengan cacar air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cacar monyet (monkeypox) dan cacar air (chickenpox) memang memiliki beberapa kemiripan, mulai dari nama hingga gejala. Namun, cacar monyet dan cacar air sebenarnya dua penyakit yang berbeda.

Perbedaan kedua penyakit ini dapat dilihat dalam beberapa aspek. Salah satu di antaranya adalah virus yang menyebabkan kedua penyakit tersebut.

Baca Juga

Cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox yang berasal dari keluarga orthopoxvirus. Sedangkan cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga merupakan virus penyebab herpes zoster. Kedua virus ini dapat menyebar melalui kontak erat dengan droplet pernapasan, lesi kulit, atau beragam objek yang terkontaminasi.

Cacar air merupakan penyakit yang lebih mudah menular dibandingkan cacar monyet. Oleh karena itu, kasus cacar air lebih sering ditemukan dibandingkan cacar monyet.

Dari segi gejala, cacar air dan cacar monyet memiliki beberapa kemiripan seperti demam, sakit kepala, lelah, hingga muncul ruam atau lenting berisi cairan di tubuh. Akan tetapi, gejala berupa bengkak di kelenjar getah bening cenderung lebih umum ditemukan pada kasus cacar monyet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement