Senin 30 May 2022 17:12 WIB

Tiara Pernikahan Mendiang Putri Diana Dipamerkan Pertama Kalinya

'Tiara Spencer' pernikahan Putri Diana dipamerkan bersama 40 tiara kerajaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Gaun pengantin Putri Diana, karya desainer Elizabeth dan David Emanuel.
Foto: EPA
Gaun pengantin Putri Diana, karya desainer Elizabeth dan David Emanuel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Untuk merayakan 70 tahun bersejarah Ratu Elizabeth di atas takhta, rumah lelang bergengsi di London, Sotheby's, memamerkan lebih dari 40 tiara kerajaan dan aristokrat yang paling mempesona, termasuk tiara pernikahan ikonik Putri Diana. Tiara Spencer yang terkenal itu sebenarnya milik keluarga Diana, yang dapat melacak garis keturunan aristokrat mereka kembali ke periode Tudor. Tiara itu belum pernah dipajang sejak 1960-an. 

Awalnya, tiara dibuat pada 1767 dan dihias selama bertahun-tahun. Tiara itu diubah menjadi desain saat ini oleh Garrard pada 1930-an, yang kini dimiliki saudara laki-laki Diana, Charles Spencer.

Baca Juga

Didesain dengan gaya garland di mana bentuk hati yang diapit oleh gulungan terus menerus yang diselingi dengan bunga berbentuk bintang dan terompet, pusaka keluarga ini dilengkapi dengan berlian berbentuk lingkaran dan mawar, ada bantalan dan berbentuk buah pir. Motif utama yang berbentuk hati adalah bagian sangat sentimental dari desain itu, karena merupakan hadiah untuk nenek Diana, Lady Cynthia Hamilton pada hari pernikahannya pada 1919.

Sementara Diana memakainya beberapa kali selama hidupnya, tiara itu paling erat terkait dengan pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 1981, di mana dia berjalan menyusuri lorong di Katedral St. Paul mengenakan gaun pengantin karya Elizabeth Emanuel dan tudung tulle sepanjang 153 meter.

"Perayaan Jubilee Ratu telah memberi kami kesempatan sempurna untuk menampilkan kepada publik pilihan tiara yang luar biasa dari asal bangsawan dan kerajaan, banyak di antaranya belum pernah dipamerkan dalam beberapa dekade," kata Kepala Perhiasan di Sotheby's London, Kristian Spofforth dilansir People, Senin (30/5/2022).

Pameran berjudul Power & Image: Royal & Aristocratic Tiaras berlangsung dari 28 Mei hingga 15 Juni 2022 di Sotheby's di New Bond Street di London. Pameran ini juga mencakup tiara zamrud dan berlian yang dirancang oleh Pangeran Albert untuk Ratu Victoria pada 1845 dan beberapa potong yang dikenakan oleh para tamu pada layanan penobatan Ratu pada 1953.

Sementara sebagian besar potongan telah dipinjamkan ke rumah lelang, ada sejumlah kecil yang dijual bersama komisi baru oleh perhiasan Inggris kontemporer seperti Kiki McDonough (favorit Kate Middleton) dan Christopher Thompson-Royds. Di samping tiara, koleksi potret kerajaan juga dipajang, termasuk potret Ratu Andy Warhol dan Potret Armada yang terkenal pada Elizabeth I, yang dilukis untuk memperingati konflik paling terkenal di masa pemerintahannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement