Ahad 22 May 2022 20:29 WIB

Jarang Disadari, Bumbu Masak Ini Bisa Sebabkan Strok

Konsumsi makanan seimbang dan olahraga teratur jadi cara paling efektif cegah strok.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan sehat (ilustrasi). Batasi penggunaan garam dalam makanan. Mengelola asupan garam bisa menekan risiko darah tinggi, penyebab utama strok.
Foto:

Faktor risiko lain untuk strok termasuk kebiasaan gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol. Terlepas dari pedoman yang diterima secara luas bahwa asupan garam harus dijaga seminimal mungkin, Korea Utara malah berusaha meningkatkan asupan garam mereka dalam upaya memerangi Covid-19.

Obat kumur

Tidak seperti kebanyakan negara yang melawan Covid-19 dengan vaksin, negara pimpinan Kim Jong-un tersebut merekomendasikan warganya berkumur dengan air garam. Seribu ton garam dilaporkan telah dikirim ke Pyongyang untuk membuat "larutan antiseptik".

Selain berkumur air garam, Korea Utara juga merekomendasikan pengobatan alternatif untuk mengobati Covid-19 seperti minum teh herbal dan mengonsumsi ibuprofen. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu memerangi virus flu biasa, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa air garam dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati Covid-19.

Korea Utara memiliki sistem kesehatan yang jauh lebih lemah daripada negara lain dan tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk melawan virus. Dalam beberapa bulan terakhir, Korea Utara telah menolak tawaran bantuan dari China dan Korea Selatan, keduanya menawarkan dosis vaksin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement