Kamis 19 May 2022 00:40 WIB

Salah Waktu Konsumsi Statin Justru Tingkatkan Kolesterol, Baiknya Malam atau Pagi?

Penderita kolesterol tinggi biasanya disarankan minum statin pada waktu tertentu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan ragu-ragu untuk meminum obat penurun kolesterol (Ilustrasi). Mengonsumsi statin di malam hari lebih menguntungkan daripada di pagi hari.
Foto:

Simvastatin adalah statin yang paling banyak diresepkan di Inggris dan Indonesia. Temuan ini berimplikasi pada kepatuhan dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Mereka menambahkan bahwa tidak adanya efek serupa dengan atorvastatin dapat dijelaskan dengan waktu paruh eliminasi yang lebih lama. Atorvastatin adalah jenis statin umum lainnya yang diresepkan di Inggris. Banyak orang yang menggunakan statin tidak mengalami atau sangat sedikit efek sampingnya.

"Yang lain mengalami beberapa efek samping yang mengganggu, tetapi biasanya kecil, seperti diare, sakit kepala, atau merasa sakit," demikian peringatan NHS.

Menurut Layanan Kesehatan Inggris, dokter harus mendiskusikan risiko dan manfaat mengonsumsi statin ketika menawarkannya kepada pasien. Penting untuk dicatat bahwa risiko efek samping apa pun juga harus seimbang dengan manfaat mencegah masalah serius.

Sebuah tinjauan studi ilmiah tentang efektivitas statin menemukan bahwa sekitar satu dari setiap 50 orang yang minum obat selama lima tahun akan menghindari kejadian serius, seperti serangan jantung atau strok sebagai akibatnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement