Ahad 15 May 2022 07:14 WIB

Perannya Penting dalam Pengasuhan, Mengapa Ayah Malah Ada yang Menyiksa-Memperkosa Anak?

KemenPPPA mengingatkan peran penting ayah dalam pengasuhan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Data Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2021 mencatat tiga dari 10 anak laki-laki dan empat dari 10 anak perempuan usia 13-17 tahun pernah mengalami kekerasan dalam bentuk apapun sepanjang hidupnya.  Ilustrasi ayah dan anak.
Foto:

Erni mengingatkan bahwa ayah memiliki peranan yang sangat besar sejak kelahiran anak. Anak membutuhkan kehadiran ayah dan ibu dalam pengasuhan dan perkembangannya.

"Selama ini masyarakat berpikir, saat anak baru lahir ibu yang paling punya peran, padahal kenyataannya jika bayi baru lahir, digendong, diajak berbicara walaupun satu arah dan si bayi belum dapat menjawab, bayi tetap mampu mengenali ayah dan menerima emosi positif dari ayahnya," ucap Erni.

KemenPPPA mengaku terus memantau, mendalami, hingga mendampingi korban pada sejumlah kasus kekerasan seksual yang terungkap dilakukan oleh ayah baik ayah kandung maupun ayah tiri di antaranya yang terjadi di Batubara, Sumatra Utara; Pematang Siantar, Sumatra Utara; Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; dan Kukar, Kalimantan Timur.

"Membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk moral serta melatih kebersamaan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat," tutur Erni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement