Ahad 15 May 2022 06:37 WIB

Kolesterol Tinggi Bisa Bikin Arteri Mengeras, Seperti Apa Gejala yang Terasa di Kaki?

Gejala pengerasan arteri akibat kolesterol tinggi bisa terasa di kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Berjalan kaki (ilustrasi). Munculnya sensasi nyeri atau kram di kaki ketika berjalan dapat menjadi gejala penyakit arteri perifer (PAD) akibat kolesterol tinggi.
Foto:

Makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dapat menjadi alternatif pilihan yang lebih baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak tidak jenuh adalah minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, serta ikan berminyak seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna.

"Ikan berlemak merupakan sumber lemak tak tidak jenuh yang baik dan sehat, terutama yang mengandung jenis lemak bernama omega 3," jelas Heart UK, seperti dilansir Express, Ahad (15/5/2022).

Upayakan untuk mengonsumsi dua porsi ikan per pekan. Salah satu dari ikan yang dikonsumsi itu setidaknya merupakan ikan berlemak.

Sebagai tambahan, kadar kolesterol juga bisa dikelola dengan cara melakukan latihan fisik secara rutin. Latihan fisik sebaiknya dilakukan minimal 150 menit per pekan. Beberapa contoh latihan fisik yang direkomendasikan adalah berjalan kaki cepat, berenang, dan bersepeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement