Senin 09 May 2022 08:20 WIB

Rehat Sejenak dari Media Sosial Bisa Turunkan Tingkat Kecemasan dan Depresi

Scrolling media sosial terlalu intens bisa tingkatkan kecemasan dan depresi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tertidur setelah menggunakan ponsel (ilustrasi). Peneliti mengungkap rata-rata orang menggunakan media sosial selama delapan jam per pekan.
Foto:

Temuan ini menunjukkan bahwa meski hanya sejenak, rehat dari media sosial bisa memberikan dampak yang signifikan. Tim peneliti saat ini sedang melakukan studi mengenai dampak rehat dari media sosial bagi kelompok usia yang lebih muda dan bagi orang-orang dengan masalah kesehatan fisik atau mental.

Tim peneliti juga akan mempelajari dampak rehat dari media sosial untuk waktu yang lebih lama. Bila studi-studi itu menunjukkan hasil yang konsisten, rehat dari media sosial bisa menjadi opsi anjuran kesehatan dalam pengelolaan kesehatan mental.

Lambert menyadari bahwa media sosial kini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bagi banyak orang. Media sosial juga membawa manfaat tersendiri, salah satunya memudahkan orang-orang untuk saling berkomunikasi.

"Namun, bila Anda menghabiskan berjam-jam setiap pekan untuk scrolling (media sosial) dan Anda merasa itu berdampak negatif bagi Anda, mungkin ada baiknya Anda mencoba untuk memangkas waktu penggunaan Anda dan lihat apakah itu membantu," jelas Lambert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement