Rabu 27 Apr 2022 12:04 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi, Ini yang Harus Jadi Pilihan

Bukan cuma nikmat, kopi juga berkhasiat untuk membantu turunkan berat badan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi (Ilustrasi). Selain mempercepat metabolisme tubuh, kopi juga meningkatkan rasa kenyang.
Foto:

Bagi yang sedang menjalankan diet, Gillespie juga menyarankan untuk membuat sendiri kopi di rumah. Sebab, menu-menu kopi di kafe bisa mengganggu rencana diet Anda.

"Minuman kopi beraroma seperti pumpkin spice latte banyak disukai, tapi itu mungkin adalah minuman terburuk bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan," kata Gillespie.

Minuman tersebut, menurut Gillespie kaya akan kalori dan mengandung banyak gula. Ia mengingatkan, minuman kopi seperti itu sering kali memiliki beberapa ratus kalori hanya dalam satu gelas kopi.

Gillespie juga mengatakan bahwa mengonsumsi secangkir kopi 30 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja dan memicu pembakaran lemak. Namun, terlepas dari manfaat penurunan berat badan, minum terlalu banyak kopi bisa membuat tubuh tidak sehat.

Minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kecemasan, mual, dan tekanan darah tinggi. Di samping itu, kopi juga dapat menyebabkan masalah tidur

Ini menjadi masalah karena sering larut malam orang mulai mengemil junk food tanpa berpikir panjang. Tidur malam yang buruk dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan dengan mengubah hormon ghrelin.

"Maksimal 400 miligram atau empat cangkir kopi sehari tampaknya aman untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat," kata Mayo Clinic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement