Sabtu 23 Apr 2022 21:37 WIB

Sedang Flu, Apa Boleh Olahraga?

Olahraga membawa banyak manfaat, tetapi apa boleh dilakukan saat sedan sakit?

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Olahraga membawa banyak manfaat, tetapi apa boleh dilakukan saat sedan sakit?
Foto: www.freepik.com.
Olahraga membawa banyak manfaat, tetapi apa boleh dilakukan saat sedan sakit?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga secara teratur, baik bagi sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas. 

Olahraga ringan selama 30 menit, lima kali sepekan dinilai sudah cukup untuk memberi manfaat. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa berolahraga saat sakit dapat membantu untuk mengeluarkan keringat. Sayangnya, untuk flu biasa, tidak ada bukti bahwa berolahraga saat sakit dapat mempersingkat kesembuhan atau membuat tidak terlalu parah.

Baca Juga

Ada beberapa alasan mengapa olahraga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Pertama, terkait hormon yang dilepaskan saat berolahraga atau disebut katekolamin. Ini mungkin lebih dikenal sebagai adrenalin dan noradrenalin.

Hormon-hormon ini mendeteksi keberadaan virus atau patogen lain di dalam tubuh. Hormon ini juga meningkatkan jumlah pergerakan sel-sel kekebalan antara darah dan jaringan yang penting. Terutama dalam membantu sel-sel kekebalan mendeteksi dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus atau patogen lainnya. 

 

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan kadar hormon penting ini dalam tubuh. Saat berolahraga, manfaatnya juga meningkatkan aliran darah untuk membantu tubuh mengikuti tuntutan olahraga yang meningkat. 

Olahraga juga dapat bermanfaat dalam upaya melawan infeksi. Misalnya, orang dewasa yang lebih tua dan secara teratur berolahraga selama satu bulan, telah terbukti memiliki penyembuhan luka kulit yang lebih cepat dibandingkan kelompok kontrol yang tidak berolahraga. Proses penyembuhan yang lebih cepat ini menurunkan risiko virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka kulit.

Semua mekanisme ini bersama-sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko sakit akibat infeksi virus. Tiga penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak gemar berolahraga, kemudian mencoba berjalan cepat secara teratur selama 40-45 menit, lima hari per pekan, mereka mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas, 40-50 persen lebih sedikit dibandingkan kelompok kontrol.

Terlepas dari manfaat olahraga pada sistem kekebalan tubuh, sulit untuk mengetahui apakah berolahraga saat sakit pilek akan membantu l mengatasi penyakit lebih cepat daripada jika tidak berolahraga. Saat ini tidak ada penelitian yang memeriksa hal ini, terutama karena betapa sulitnya melakukan jenis penelitian.

Sebagian besar karena beberapa peserta dengan sengaja perlu terinfeksi virus untuk membandingkan apakah olahraga memiliki pengaruh atau tidak. Ini tidak hanya akan sulit dilakukan, tetapi juga tidak etis. 

Penting untuk diingat bahwa olahraga bisa membuat tubuh stres. Stres ini pada gilirannya dapat membuat sel-sel kekebalan kurang mampu merespons patogen. 

Jadi, saat tubuh harus melawan infeksi dan kemudian terkena stres olahraga, ini mungkin tidak bermanfaat bagi respons imun. Meski tidak ada bukti bahwa berolahraga saat pilek dapat membantu mengatasi sakit lebih cepat, bukan berarti orang tidak dapat berolahraga. 

Jika gejala yang dialami seperti pilek atau hidung tersumbat, mulailah berolahraga dengan intensitas lebih rendah. Jika merasa baik-baik saja, maka dapat meningkatkan intensitas secara bertahap.

Tetapi jika berolahraga membuat tubuh merasa lebih buruk, coba beristirahatlah. Disarankan pula untuk tidak berolahraga jika mengalami demam, nyeri otot, atau muntah.

“Terkadang obat terbaik untuk pilek adalah istirahat, tetap terhidrasi, dan minum obat pereda nyeri jika diperlukan. Percakapan,” kata John Hough, Dosen Senior, Latihan Fisiologi, Nottingham Trent University, dilansir dari Science Alert, Sabtu (23/4/2022).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement