Jumat 22 Apr 2022 20:25 WIB

Mudik Pakai Mobil Pribadi dan Lupa Bawa Urinoar Darurat, Bagaimana Cara Menahan Kencing?

Dokter menyarankan pemudik yang memakai mobil pribadi bawa urinoar darurat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kemacetan di jalan tol (Ilustrasi). Ketika kebelet kencing dan tak menemukan toilet saat di perjalanan, urinoar darurat akan sangat bermanfaat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kemacetan di jalan tol (Ilustrasi). Ketika kebelet kencing dan tak menemukan toilet saat di perjalanan, urinoar darurat akan sangat bermanfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jawa Tengah Djoko Handojo menyarankan pemudik yang pulang kampung menggunakan mobil pribadi melalui jalan tol menyiapkan urinoar darurat. Sebab, kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan tol pada masa mudik Lebaran dikhawatirkan membuat pemudik kesulitan menemukan kamar kecil.

"Mudik Lebaran tahun ini diperkirakan sangat padat, terutama yang akan melewati jalan tol," kata Djoko di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Urinoar darurat, menurut Djoko, akan memudahkan pemudik untuk buang air kecil. Bagaimana kalau tidak ada toilet dan tak bawa urinoar darurat?

Karyn Eilber, ahli urologi di Cedars Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan, dalam batasan tertentu, orang dewasa yang sehat dapat menentukan waktu untuk buang air kecil, sehingga memungkinkan pula menahannya. Berikut beberapa cara untuk menahan pipis untuk sementara, dikutip dari laman Insider:

1. Alihkan perhatian

Cara terbaik menahan buang air kecil adalah dengan mengalihkan perhatian. Misalnya dengan mengobrol atau mendengarkan lagu favorit.

2. Bermain, jangan nonton

Menurut studi, bermain gim elektronik lebih manjur untuk mengurangi sensasi ingin kencing dibandingkan sekadar menonton tayangan film atau video musik. Bisa juga melakukan permainan kartu, teka-teki silang, atau tebak-tebakan.

3. Matikan AC

Lingkungan yang terlalu dingin dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak urine. Menyesuaikan suhu dapat menjadi solusi temporer untuk menahan pipis sementara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement