Ahad 17 Apr 2022 12:15 WIB

Hal-Hal yang Diperlukan Demi Jantung Sehat

Menjaga jantung sehat harus dilakukan sedari muda.

Menjaga jantung sehat harus dilakukan sedari muda. Banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya tidak merokok.
Foto:

Coklat bagus buat jantung

Yang justru lebih bagus buat jantung adalah coklat dengan kandungan kakao sangat tinggi. Dr. Bozena Rautenberg mengemukakan sebuah studi yang dibuat di Portugal, di mana 30 pasien mengonsumsi coklat yang mengandung 90 persen kakao, sebanyak 20 gram. Jadi sekitar dua potong per hari.

Selama kurun waktu uji coba lebih dari empat pekan, bisa dilihat tekanan darah mereka menurun. “Artinya, coklat dengan kandungan kakao 70-90 persen satu dua potong sehari bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.“ 

Sebaliknya, terlalu banyak garam tidak baik bagi jantung kita. Garam untuk makanan pada dasarnya mendorong kenaikan tekanan darah. “Karena ion Natrium dalam garam mengikat air, dan jika dikonsumsi terlalu banyak, meningkatkan volume di dalam pembuluh darah.

Cukup berolahraga dan beristirahat

Olahraga membuat jantung berdetak lebih cepat - dan itu bagus. WHO menyarankan dua setengah jam per pekan.

"Inti pesannya adalah: menggerakan tubuh dalam cara apapun, jauh lebih baik daripada tidak ada gerakan sama sekali. Artinya, lebih baik tidak menggunakan eskalator atau lift, tapi gunakan tangga. Kalau menggunakan kendaraan umum, turun di satu halte sebelum tujuan, kemudian jalan kaki. Pergerakan tubuh seperti ini harus dibiasakan setiap hari.“

Yang penting juga menghindari stres dan merencanakan waktu istirahat cukup. Kalau stres terus-menerus, akan ada kerusakan pada tubuh, karena siklus selalu aktif. Ia menyarankan, setelah fase stres orang harus secara aktif beristirahat. Beristirahat aktif artinya di saat itu harus berolahraga. Itulah cara terbaik mengatasi stres. 

Jadi tips tambahan untuk kesehatan jantung: setiap hari menggerakkan tubuh, dan mengurangi stres yang muncul sehari-hari. 

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/jantung-sehat-perlu-gaya-hidup-dan-makanan-sehat/a-61020632

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement