Rabu 13 Apr 2022 19:15 WIB

Orang yang Merawat Perlu Memahami Masalah Kulit yang Kerap Dialami Lansia

Kulit kering, dermatitis, hingga tumor jinak kulit bisa mengusik lansia.

Lansia (Ilustrasi). Kulit kering, dermatitis, hingga berbagai tumor jinak kulit kerap mengusik lansia.
Foto:

Oleh karena itu, peran para pengasuh menjadi penting. Caregiver ialah seseorang baik formal maupun informal yang telah lulus pendidikan atau pelatihan untuk melakukan pendampingan pada seorang atau kelompok yang tidak mampu merawat dirinya sendiri, baik sebagian atau seluruhnya karena mengalami keterbatasan fisik dan atau mental.

Di Indonesia, para pengasuh lansia sebanyak 64 persen tak lain anggota keluarga lansia itu sendiri. Mereka ini diharapkan memberi pendampingan pada lansia dan memiliki berbagai pengetahuan yang dibutuhkan mereka dalam menjaga kesehatan kulit lansia.

Menurut Kartini, peran keluarga sebagai caregiver menjadi penting. Sebab, orang terdekatlah yang harus mengurus mereka.

"Caregiver bukan sekedar mengurus tetapi juga harus memahami berbagai masalah termasuk hal-hal seperti menjaga kesehatan kulit," kata Kartini.

Terkait masalah kulit yang rentan dialami lansia, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Dr dr M Yulianto Listiawan SpKK(K) menyebutkan antara lain kulit kering, dermatitis, hingga berbagai tumor jinak kulit yang bisa mengganggu secara fungsional dan kualitas hidup mereka.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement