Selasa 12 Apr 2022 14:50 WIB

Pilih Sikat Gigi yang Lembut, Dokter: Siwak Bisa Jadi Alternatif

Dokter ungkap manfaat siwak dan berwudhu untuk kebersihan gigi dan mulut.

Siwak (ilustrasi). Siwak memiliki sifat antibakteri yang mencegah pembentukan plak dan melindungi gigi dari kerusakan email yang dapat disebabkan oleh menyikat gigi secara berlebihan dengan sikat berbulu keras.
Foto:

Hindari pilihan makanan yang buruk

Shahin mengatakan penting bagi setiap orang untuk mengurangi kebiasaan untuk memilih makanan tinggi gula. Batasi konsumsi jus buah buatan, makanan penutup yang kaya gula seperti kue, kue kering, dan permen.

"Jika seseorang memilih makanan manis, sebaiknya hanya dalam porsi kecil setelah hidangan utama, untuk meminimalkan penumpukan asam yang cepat pada gigi dan kerusakan gigi selanjutnya," ujarnya.

Cara menghindari mulut kering dan bau mulut

Selama menjalankan ibadah puasa, bau tak sedap dapat dihindari dengan memberikan perhatian khusus mulai dari sikat gigi, flossing setelah makan, dan menggunakan obat kumur berfluoride. Selain itu, Shafi menyebut bahwa membilas mulut selama berwudu juga sangat membantu.

"Orang-orang dapat berhati-hati untuk tidak menelan air, tetapi berkumur sederhana sangat membantu dalam mencegah mulut kering, yang merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri dan kerusakan gigi," kata Shafi yang juga kepala klinis Tajmeel Dental Centre Dubai.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement