Ahad 10 Apr 2022 11:38 WIB

RM BTS Bahas Penghinaan Kegagalan di Grammy Awards 2022

RM tegaskan BTS datang ke Las Vegas untuk bertemu ARMY.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
RM BTS
Foto: EPA
RM BTS

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS — Meskipun BTS memberikan penampilan yang luar biasa di 64th Grammy Awards, penggemar merasa idolanya itu dihina sekali lagi karena tidak menerima trofi. Anggota BTS, Suga bukan satu-satunya yang mengabaikan penghinaan itu. Leader BTS, RM membahas masalah ini selama konser pertama “Permission To Dance On Stage - Las Vegas” pada 8 April 2022.

RM tidak menolak untuk membahas tentang BTS di Grammy Awards. “Teman-teman, saya tahu ada banyak kebisingan di luar sana tentang Grammy dan tim itu sendiri. Tapi, tahukah Anda mengapa peduli tentang itu?” kata RM dilansir Korea Boo, Ahad (10/4/2022).

Baca Juga

Dia meyakinkan penggemar yang marah bahwa pembuat keputusan di balik Grammy Awards berhak melakukan apa pun yang mereka pilih. RM tidak terganggu dengan bagaimana semuanya terjadi.

“Membenci adalah kebebasan mereka. Dan, mereka punya hak untuk membenci. Tapi, jika itu saya, saya lebih suka berbicara dengan teman-teman di kafe dan melupakannya,” ujar pemilik nama Kim Nam-joon itu.

RM kemudian berbicara bahwa dia tak tertarik membahasnya dalam wawancara atau media sosial tentang masalah Grammy Awards. “Tapi daripada cicitan tentang itu atau wawancara, saya tidak akan melakukan itu karena saya sudah dewasa,” kata dia.

Rapper itu menekankan bahwa alasan perjalanan mereka ke Las Vegas adalah bertemu dengan penggemar. “Kami tidak datang ke Vegas untuk Grammy. Kami datang ke Vegas untuk ARMY (fandom BTS),” ujar pria kelahiran 12 September 1994 itu.

RM berbicara tentang betapa berharganya penggemar bagi BTS. Dia juga mengingatkan semua orang untuk menyebarkan hal-hal positif dan tidak membiarkan hal-hal negatif.

“Rekor, gelar, prestasi, piala. Mereka benar-benar penting, tapi itu bukan hal pertama, alasan pertama, mengapa kami memulai semuanya. Semua hal ini, kan? Dua jam ini, persekutuan, energi, mata ke mata, bernyanyi bersama, menari bersama, komunikasi ini. Ini adalah segalanya. Inilah mengapa kita melakukan ini, kan?” ujar RM.

Dia berharap penggemar mengetahui hal itu. “Saya mencintai kalian, dan biarkan para pembenci membenci. Dan, biarkan para pecinta mencintai,” kata pemilik julukan Rap Monster itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement