Sabtu 16 Apr 2022 19:50 WIB

Cara Membersihkan Kaca dan Lensa Kamera HP dengan Bahan yang Ada di Rumah

Seringkali lensa kamera HP terlihat kotor dan buram. Untuk itu, perlu diketahui cara membersihkan kaca kamera HP yang baik dan benar.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Lensa Ponsel
Lensa Ponsel

Kamera HP menjadi salah satu fitur yang wajib tersedia. Bahkan, tak sedikit perusahaan HP ternama dunia yang berlomba-lomba menawarkan produk dengan kualitas kamera yang mumpuni dan semakin canggih. Hal ini karena tak sedikit konsumen yang juga menjadikan kualitas kamera sebagai salah satu pertimbangan utama saat membeli handphone baru.

Dengan adanya fitur kamera yang canggih, kamu bisa lebih mudah mengabadikan segala momen yang terjadi dalam hidupmu. Selain itu, dengan semakin banyaknya orang yang kegandrungan media sosial, hampir semua orang pasti membagikan momen tersebut dalam bentuk foto maupun video di internet.

Akan tetapi, kualitas handphone menjadi sia-sia saat lensanya kotor dan berdebu, hasil fotonya sudah pasti akan berkurang drastis. Alhasil, foto yang harusnya tampak sempurna dan bisa kamu pamerkan di akun media sosialmu jadi tampak kurang bagus, buram, dan kurang enak dipandang. Tentu kamu tidak mau, kan, hal seperti itu terjadi dan merusak momen yang seharusnya bisa diabadikan dengan baik? 

Selayaknya produk elektronik lainnya, handphone juga memerlukan perawatan agar tidak cepat rusak dan fitur yang dimilikinya tetap terjaga. Nah, dalam hal kamera yang rentan terkena debu, kotoran, maupun embun, kamu tentu perlu memahami bagaimana cara yang tepat untuk membersihkannya. Untuk lebih jelasnya, simak 4 cara membersihkan kaca kamera HP yang kotor dan berdebu berikut ini. 

Baca juga: Ini 5 Daftar HP dengan Fitur Kamera Terbaik yang Bisa Dicicil

4 Cara Membersihkan Kaca Kamera HP 

1. Menggunakan Pasta Gigi

Siapa yang pernah terpikir cara membersihkan kaca kamera HP yang kotor menggunakan pasta gigi atau odol? Sebagian besar dari kamu juga mungkin baru mengetahuinya sekarang, bukan? Ya, membersihkan kamera handphone bahkan menyamarkan goresan halus bisa dilakukan dengan memanfaatkan pasta gigi. 

Usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang original atau berwarna putih serta tidak memiliki butiran. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membersihkan kaca kamera HP dengan odol.

  • Gunakan kain halus atau kain microfiber dan oleskan pasta gigi sedikit.
  • Gosok perlahan ke bagian lensa kamera.
  • Jika permukaan kain terlalu besar, kamu bisa menggunakan cotton bud dan membersihkannya dengan cara memutar hingga merata pada bagian kamera.
  • Diamkan sejenak, lalu bersihkan kamera dengan kain halus yang sedikit basah.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain pasta gigi, cara membersihkan kaca kamera HP yang kotor juga bisa menggunakan barang yang mudah ditemui di rumah, yaitu minyak kayu putih. Tidak sulit, membersihkan kamera handphone menggunakan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan 3 langkah saja:

  • Siapkan kain halus atau kain microfiber.
  • Teteskan minyak kayu putih sedikit ke kain.
  • Gosok kain yang sudah ditetesi minyak kayu putih tersebut ke lensa kamera secara memutar dan perlahan.

Cara membersihkan kaca kamera HP ini bisa menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kamera. Kamu juga bisa menggantinya dengan alkohol 70% yang banyak dijual di apotek dan tetap mendapatkan hasil pembersihan yang sama. 

3. Menggunakan Cairan Pembersih

kamer hp bersih

Kamera HP  yang Jernih

Selain pasta gigi dan minyak kayu putih, cara membersihkan kamera HP juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan cairan antiseptik atau cairan pembersih. Pilih cairan pembersih yang tidak memiliki kandungan bahan kimia aditif agar lapisan pelindung pada lensa kamera tidak rusak. Tidak jauh berbeda dengan kedua cara membersihkan kaca kamera HP di atas, kamu hanya perlu mengoleskan cairan pembersih ini pada kain halus dan menggosokkannya secara perlahan pada bagian kamera.

Kain halus atau kain microfiber lebih baik dipilih untuk membersihkan kamera karena memiliki tekstur yang tidak kasar dan tidak akan merusak lapisan lensa kamera. Usahakan untuk selalu membersihkan serta mengeringkan kain setiap kali selesai digunakan agar tidak ada kotoran yang menempel dan membuat permukaan kain menjadi kasar. 

4. Menggunakan Selotip

Masalah lainnya yang sering kali terjadi adalah kamera buram. Cara membersihkan kaca kamera HP  yang buram sangatlah mudah, yakni dengan memanfaatkan selotip yang ditempelkan pada bagian permukaan kamera. Dengan melakukan hal tersebut, dijamin gambar yang diambil oleh kamera akan terlihat lebih jelas dan tidak blur lagi.

Agar hasil pembersihannya optimal, pastikan bahwa bagian permukaan selotip tidak kotor maupun terdapat bekas sidik jarimu. Bisa-bisa kamera malah menjadi lebih kotor dan kualitas gambar dari kamera menjadi lebih buruk atau buram.

5 Cara Membersihkan Lensa Kamera HP

1. Menggunakan Hair Dryer

Masalah kamera yang berembun, entah karena pernah tercelup air atau kehujanan, juga cukup sering terjadi. Sebenarnya, masalah kamera handphone yang berembun ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, waktunya tentu tidak sebentar dan hanya berlaku pada jenis handphone tertentu saja. 

Jika kamu mengalami masalah ini, kamu bisa mencoba cara memebersihkan lensa kamera HP dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Pastikan handphone dalam keadaan mati dan baterai telah dilepaskan.
  • Gunakan hair dryer atau pengering rambut dan nyalakan dalam mode suhu paling rendah.
  • Arahkan angin dari hair dryer dengan jarak lumayan jauh dan arahkan dari bagian samping.
  • Usahakan udara panas dari hair dryer tidak secara langsung terkena permukaan handphone agar tidak menyebabkan kerusakan.

Jika casing handphone bisa dilepas, lebih baik kamu membongkarnya terlebih dahulu dan membersihkan bagian kamera secara manual. Embun yang terlalu lama berada di bagian kamera dapat meninggalkan bekas yang akan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan nantinya. Oleh karena itu, lekas keringkan bagian kamera yang berembun dengan cara di atas, ya!

2. Mengganti Tutup Lensa Kamera HP

cara membersihkan lensa kamera hp

Mengganti Tutup Lensa Kamera HP

Tidak hanya dengan cara di atas, cara membersihkan lensa kamera HP yang kotor atau berdebu juga bisa dilakukan dengan mengganti bagian tutup lensanya. Saat bagian ini kotor atau tergores, pembersihan menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas biasanya tidak akan membuahkan hasil. Oleh karena itu, mengganti bagian tutup lensa kamera mungkin menjadi satu-satunya cara.

Harap berhati-hati dan hanya bisa dilakukan pada jenis HP tertentu, sebab kamu perlu mencongkel bagian lensa kamera. Setelah itu, kamu dapat mengganti bagian tersebut dengan lensa kamera yang baru, atau alternatif penutup lainnya yang bisa digunakan, seperti selotip bening. Dengan begitu, kotoran yang ada di bagian dalam penutup lensa kamera tidak akan merusak kualitas foto.

3. Menggunakan Semprotan Pembersih

Jika cara sebelumnya tidak mungkin kamu lakukan atau terlalu berisiko, kamu bisa memanfaatkan semprotan pembersih untuk membersihkan bagian dalam lensa kamera HP. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain cotton bud, alat semprot, obeng kecil, dan pisau tipis atau cutter kecil. Untuk cara membersihkan lensa kamera HP menggunakan semprotan pembersih, kamu bisa melihat langkah-langkah berikut ini.

  • Buka casing handphone bagian belakang.
  • Buka baut menggunakan obeng kecil atau alat khusus untuk membuka casing bagian belakang.
  • Gunakan cotton bud untuk menggosok bagian lensa kamera secara perlahan.
  • Semprotkan cairan dengan bahan WD 40 atau sejenis.
  • Lap dengan menggunakan tisu atau kapas hingga bersih.
  • Pasang kembali bagian casing seperti sedia kala.
  • Cek apakah masalah lensa kamera kotor berhasil diatasi atau tidak.

4. Menggunakan Pembersih Kaca

Cara membersihkan lensa kamera HP yang kotor di atas masih kurang memuaskan? Mungkin kamu perlu memakai cairan pembersih kaca untuk mencoba membersihkannya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka casing handphone bagian belakang.
  • Gunakan cotton bud dan beri sedikit cairan pembersih kaca.
  • Gosok bagian lensa kamera dengan menggunakan cotton bud secara perlahan.
  • Bersihkan sisa cairan yang mungkin masih menempel pada lensa kamera dengan tisu atau kapas.
  • Pasang kembali casing dan cek kondisi kameranya.

5. Memakai Blower Karet

kamera hp jernih

Kamera HP yang Jernih

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kamera HP dari kotoran dan debu adalah dengan blower karet mini. Alat tersebut cukup banyak dijual di toko online maupun offline. Cara membersihkan lensa kamera HP menggunakan blower karet adalah sebagai berikut. 

  • Bongkar casing bagian belakang handphone.
  • Gunakan blower untuk menyedot noda, debu, atau kotoran yang menempel pada lensa.
  • Gunakan tisu atau kapas untuk memastikan bagian lensa kamera sudah bersih.
  • Pasang kembali bagian casing dan cek apakah masalah berhasil teratasi.

Baca juga: 5 Trik Pintar untuk Membeli HP Baru

Jangan Biarkan Momen Bahagia Gagal Diabadikan Karena Masalah Kamera Kotor

Masalah kamera HP yang kotor, meskipun sepele, tetapi bisa membuyarkan niat kamu untuk mengabadikan momen penting yang sedang terjadi dalam hidup. Karena kondisi kamera yang kotor, berdebu, atau berembun, foto atau video yang harusnya hasilnya baik menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak sampai terjadi, pastikan untuk rutin membersihkan bagian kamera HP dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, ya!

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement