Jumat 01 Apr 2022 18:37 WIB

Afasia, Ketika Tiba-tiba Kemampuan Berbicara dan Kognitif Lenyap

Afasia memiliki empat bentuk.

Bruce Willis. Bintang Hollywood Bruce Willis secara mengejutkan umumkan akhiri kariernya gara-gara afasia.
Foto:

Empat bentuk afasia

Ada empat bentuk afasia yang dibedakan berdasarkan gejalanya.

Afasia Amnestik: Ini merupakan bentuk paling ringan afasia. Penderitanya mengalami gangguan menemukan kata-kata dalam menyebut nama benda secara langsung. Dia bisa mengatasi gangguan bicara dengan mengubah penulisan kata-kata atau menggunakan frasa.

Afasia Broca: Pengidapnya berbicara stakato atau terputus-putus seperti telegram. Sering kali penderita hanya berbicara kata yang sangat pendek atau hanya menderet sejumlah kata pendek, kemungkinan mengidap afasia broca. Kelancaran bicara terganggu akibat mencari kata-kata yang tepat, tetapi apa yang diucapkan penderitanya sering kali masih bisa dipahami.

Afasia Wernicke: Gejala sebaliknya diidap mereka yang menderita afasia wernicke. Mereka berbicara dengan kalimat panjang berbelit-belit dan beberapa diantaranya diulang-ulang. Penderita kelihatannya berbicara lancar, tapi menemukan kata-kata yang tepat amat sulit atau sering kali kalimat yang dirangkai tidak ada artinya. Kita juga tidak bisa memahami apa yang dibicarakan.

Afasia Globale: Mereka yang mengidap afasia global sering kali berbicara hanya kata satu per satu dan mengulang-ulang frasanya. Pada bentuk paling berat afasia ini, orang tidak bisa lagi memahami apa yang dibicarakan penderitanya. 

Terapi parsial masih dimungkinkan

Gangguan berbicara ini tidak bsa disembuhkan. Namun, dengan banyak latihan dan terapi bicara secara terarah, penderitanya sering kali bisa belajar lagi berbicara normal dan bahkan juga menulis.

Setelah serangan stroke yang hanya berlangsung satu kali, sekitar 30 persen pasien masih bisa dipulihkan total fungsi berbicaranya dalam waktu empat pekan pertama. Namun setelah itu, peluang penyembuhan kembali gangguan berbicara terus menurun.

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/afasia-ketika-orang-tiba-tiba-lupa-kata-kata/a-61320032

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement