Jumat 01 Apr 2022 12:34 WIB

Anger Management: Cara Agar tidak Main Fisik Seperti Will Smith Ketika Marah

Mengekspresikan marah dengan tegas dan tidak agresif adalah cara yang paling sehat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
 Will Smith (kanan) memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Ahad 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles.
Foto:

Menurut American Psychological Association, ketika seseorang marah, detak jantung, tekanan darah, dan hormon energi (seperti adrenalin) dalam tubuh meningkat. Sebagian besar orang yang marah lazimnya melakukan tiga opsi tindakan, yakni mengekspresikannya, menekannya, atau menenangkan diri.
 
Mengekspresikan perasaan marah dengan cara yang tegas dan tidak agresif adalah cara paling sehat. Kemarahan juga bisa ditekan ketika seseorang berhenti memikirkannya.
 
Menenangkan artinya mengarahkan emosi negatif menjadi sesuatu yang positif. Akan tetapi, jika respons itu tidak dieksternalisasikan, kemarahan dapat muncul pada diri sendiri, menyebabkan tekanan darah tinggi atau depresi.
 
American Psychological Association merekomendasikan untuk meredakan situasi dengan menarik napas dalam-dalam, berimajinasi tentang sesuatu yang menenangkan, serta melatih otak untuk berpikir dari perspektif berbeda. Caranya, dengan bicara dengan diri sendiri.
 
Misalnya, alih-alih mengatakan pada diri sendiri bahwa situasi yang ada mengerikan dan semuanya hancur, seseorang bisa lebih bijak. Katakan pada diri sendiri bahwa situasi yang memicu kemarahan memang membuat kesal dan frustrasi, tetapi itu bukan akhir dari dunia dan marah tanpa kendali tidak akan memperbaikinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement