Jumat 01 Apr 2022 20:18 WIB

Bedah Single 'Juliette' Dewa 19, Karya Monumental Rasa Milenial

Bedah Single 'Juliette' Dewa 19, Karya Monumental Rasa Milenial

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Dewa 19 feat. Ello
Dewa 19 feat. Ello

VIVA – “Raksasa itu pun telah kembali”, ungkapan tersebut rasanya cukup relevan menggambarkan momen hadirnya lagi karya teranyar dari salah satu band legendaris Tanah Air, Dewa 19. Pasca ‘tertidur’ selama hampir 12 tahun dalam urusan menghadirkan hits-hits fenomenal, grup rock asal Surabaya itu pun kini suguhkan aroma baru dari kiprah mentereng mereka.

Muncul kembali di era baru industri musik global, skuat bermaterikan maestro Ahmad Dhani (keyboard), Andra Ramadhan (gitar), Yuke Sampurna (Bass) serta Agung Yudha Asmara (drum) itu pun bersiap menatap kiprah tahun ini dengan single teranyar.

Tepat 30 tahun dari kemunculan perdananya di industri musik pada 1992 lewat album ‘19’, Dewa 19 mencoba sesuatu baru yang dinamis namun cukup berkelas dengan meluncurkan single anyar berjudul ‘Juliette’ mulai 1 April 2022.

Hal ini pun membuktikan bahwa Dewa 19 mempunyai fondasi konsistensi yang kuat dalam berkarya. Lantas seperti apakah lagu ‘Juliette’ yang vokalnya dipercayakan kepada Marcello Tahitoe (Ello) itu? berikut ulasannya.

 

Pada prinsipnya, Dewa 19 merilis "Juliette" sebagai wajah terdepan dari rangkaian rilisan lainnya yang layak kita nantikan di sepanjang tahun ini. Lagu itu pun menjadi momen unjuk gigi kembali Dewa 19 setelah 12 tahun tak merilis karya baru.

Secara umum, single "Juliette" cukup berbobot untuk mengenalkan citra terkini Dewa 19 pada generasi milenial sebagai band ‘tua’ yang tetap memiliki musikalitas yang semakin mumpuni.

Dari beat serta nuansa yang coba dihadirkan, lagu ini cukup memberi penyegaran bagi para penggemar lawas Dewa 19 yang mencari ‘bentuk kekinian’ band idolanya itu yang membalutkan secerca sentuhan Electronic Dance Music (EDM) yang kuat dan terkesan progresif.

Lirik lugas khas Ahmad Dhani juga berhasil melekat apik dengan harmoni musiknya yang terbilang cukup baru untuk Dewa 19 yang mampu dieksplorasi dari lagu "Juliette" ini. Dilibatkannya instrumen tiup brass section dalam aransemen lagu ini, kian menambah kesan megah dan cukup jadi pembeda dari sekedar lagu rock biasa pada umumnya.

Sementara untuk urusan penggarapan sound, tak perlu diragukan lagi jika single ini memiliki ramuan berkelas dengan identitas musik Dewa 19 yang cukup jelas.

Balutan vokal Ello pun seolah ditempatkan sebagai ‘senjata’ yang memberikan gebrakan mengejutkan publik yang disuguhkan karakter Ello yang ternyata sangat ‘ngerock’ saat disandingkan dengan Dewa 19. 

Ahmad Dhani juga bertindak sebagai produser dan meramu aransemen musiknya. Bagi masing-masing penggemar Dewa 19 dan Ello, formasi baru ini sudah penah terjadi pada konser virtual Dewa 19 di tahun 2021 lalu.

Saat itu, Ello menampilkan tiga lagu milik Dewa 19 hingga mendapatkan respons positif dari para penggemar yang akhirmya menginisiasi untuk menjadikan Ello sebagai anggota tetap.

‘Juliette’ dirilis di bawah naungan Republik Cinta Records milik Ahmad Dhani, single ini dapat mulai didengarkan pada 1 April 2022 di seluruh layanan musik streaming melalui hasil kerjasama eksklusif dengan Believe Artist Services.

Di hari yang sama, video musik untuk ‘Juliette’ juga dirilis melalui kanal YouTube Video Legend.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement