Rabu 30 Mar 2022 19:35 WIB

Dibacakan Buku Sebelum Tidur, Rasa Penasaran Anak akan Terpantik

Membacakan buku cerita kepada anak sebelum tidur memiliki banyak manfaat.

Anak balita sedang tidur (ilustrasi). membacakan buku cerita kepada anak sebelum tidur memiliki banyak manfaat.
Foto:

Hanya saja, menurut Samanta, orang tua kadang merasa terlalu lelah saat harus membacakan buku cerita kepada anak-anak karena kegiatan yang padat sepanjang hari. Padahal, buku cerita akan sangat membantu para orang tua dalam melakukan edukasi kepada anak tentang hal-hal baik.

"Misalnya, saat kita mau mengajarkan cuci tangan, kita cuma bilang 'ayo cuci tangan'. Tapi, bagaimana caranya supaya anak sadar dan enggak usah diingetin lagi untuk cuci tangan? Ya, kita bacakan buku. Apalagi kalau membacakannya pakai intonasi yang mendayu-dayu, itu akan nempel di otak anak," ujar Samanta.

Selain itu, menurut Samanta, buku cerita juga dapat menjadi media bagi orang tua dan anak dalam membangun koneksi yang baik. Nantinya, itu akan membuat anak mengurangi intensitas penggunaan gawai secara perlahan.

Dalam memilih buku cerita yang baik untuk anak, Samanta mengatakan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kategori usia anak. Untuk bayi, ayah dan ibu harus mencari buku yang kertasnya lebih tebal supaya tidak berbahaya bagi buah hati dan gambarnya lebih besar lagi.

"Bahkan, isinya hanya gambar saja yang akan kita ajarkan sebagai kosakata baru untuk anak," ujar Samanta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement