Selasa 29 Mar 2022 14:42 WIB

Difavoritkan Selama Ramadhan, Kurma yang Bagus Itu Seperti Apa?

Ketahui cara membedakan kurma yang bagus dan tidak bagus.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pedagang buah kurma melayani pembeli di kawasan Masjid Menara Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). Ketahui cara memilih kurma yang bagus.
Foto:

Kurma yang bagus juga harus bebas kutu dan jamur. Kutu dan jamur, menurut Yuska, muncul akibat proses penyimpanan kurma tidak baik.

"Jadi kalau ada kurma yang kutuan dan jamuran, jangan dibeli karena dipastikan tidak bagus," kata Yuska.

Untuk menghindari mutu kurma menjadi turun, Yuska merekomendasikan cara penyimpanan seperti yang diterapkan di Rumah Kurma Bandung. Semua jenis kurma basah disimpan di freezer.

"Kurma kering kami simpan di suhu ruangan, tapi nggak lebih dari dua bulan. Jadi insya Allah enak dan bagus," kata Yuska.

Berbicara soal omset, Yuska mengatakan bahwa penjualan kurma sejak satu bulan sebelum Ramadhan sudah mengalami peningkatan 10 sampai 11 kali lipat dari biasanya. Peningkatan penjualan kurma biasanya bertahan hingga minggu ketiga di bulan suci Ramadhan.

Kurma dijual dengan harga bervariasi, tergantung jenisnya. Kurma curah, misalnya, Yuska menawarkannya  Rp 25 ribu per kilogram.

"Sedangkan yang termahal ada medjool dan ajwa di kisaran Rp 250 ribu per kilogram, tapi kalau yang paling banyak dicari itu kurma yang harganya Rp 100 ribu-120 ribu per kilogram," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement