Selasa 22 Mar 2022 15:55 WIB

Rasa Nyeri-Sensasi Terbakar di Dada Jadi Gejala Asam Lambung Sedang Naik, Apa Obatnya?

Asam lambung naik kerongkongan dikenal juga sebagai GERD.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan ini dikenal sebagai Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung.
Foto:

Obat asam lambung

Untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang tak diinginkan, GERD perlu diobati dengan baik. Dalam pengobatan GERD, Prof Ari mengatakan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan.

photo
Infografis Pola Makan Penderita GERD - (republika.co.id)

Salah satunya adalah mengobati GERD dengan penggunaan obat yang sesuai, seperti golongan obat penghambat pompa proton (PPI) atau golongan obat potassium-competitive acid blocker (P-CAB).

Beberapa contoh dari obat PPI adalah omeprazole, esomeprazole, dan lansoprazole. Sedangkan contoh dari obat P-CAB adalah vonoprazan. Saat ini, vonoprazan sudah tersedia untuk pasien GERD di Indonesia. Vonoprazan merupakan obat penekan asam lambung baru yang bekerja dengan cara meningkatkan pH lambung.

Mengingat gejala GERD bisa sangat mengganggu, ada pula terapi yang bisa diberikan untuk meringankan gejala tersebut. Terapi ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat antasida yang bisa dibeli secara bebas. Namun, perlu diketahui, obat ini hanya meringankan gejala sementara waktu dan tidak mengobati ataupun mencegah komplikasi terkait GERD.

Di samping terapi dengan obat-obatan, Prof Ari sangat menganjurkan pasien GERD untuk melakukan perbaikan gaya hidup. Perubahan ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kekambuhan di kemudian hari. Sebagian dari perubahan gaya hidup yang dianjurkan adalah perbaikan pola makan, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, tidak berbaring setelah makan, dan menyantap makanan secara perlahan.

"Serta tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada area pinggang," jelas Prof Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement